Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Ratusan Bangunan Sekolah di Bandung Barat Akan Direhabilitasi

ILUSTRASI: Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan segera melakukan rehabilitasi ruang kelas. (ist)

ILUSTRASI: Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan segera melakukan rehabilitasi ruang kelas. (ist)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Program akselerasi rehabilitasi pembangunan ruang kelas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus segera terealisasi. Pasalnya, dari total 140 sekolah setidaknya 210 ruangan diantaranya bakal direhabilitasi baik jengjang SD maupun SMP.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Asep Dendih mengatakan, rehabilitasi ruang kelas tersebut merupakan salahsatu program yang dicanangkan oleh Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

“Tentu kita sangat mengapresiasi program tersebut lantaran bakal mampu mendorong sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Bandung Barat,” katanya, Kamis (13/1/2022).

Ia menambahkan, program tersebut merupakan wujud komitmen kepedulian Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan terhadap dunia pendidikan di KBB.

“Kami sangat senang dengan adanya program ini lantaran sangat sejalan dengan program Disdik KBB yang tengah meningkatkan kualitas pendidikan di KBB,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rencananya rehabilitasi ruangan tersebut tidak hanya untuk kelas saja melainkan laboratorium sekolah dan yang lainnya.

“Tidak hanya ruang kelas saja, tapi juga fasilitas ruangan sekolah lainnya,” jelasnya.

Ia menyebut, dana yang digunakan untukrehabilitasi ruang kelas ini bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) KBB dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Kategori kerusakan ruangan yang pakai APBD KBB dan DAK hanya dua, kategori rusak sedang dan rusak berat,” sebutnya.

Sementara itu, untuk kategori rusak ringan itu dianggarkan oleh sekolah masing-masing dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

“Insyaallah program ini akan terus bergulir dan mudah-mudahan bisa dilakukan bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya program peningkatan sarana dan prasarana ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa.

“Termasuk akses masyarakat terhadap pendidikan pun bisa semakin baik,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds