Dispangtan Kota Cimahi Siapkan 1.600 Dosis Vaksin Rabies

Vaksin rabies. (ist)

Vaksin rabies. (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menyiapkan lebih banyak dosis vaksin rabies di tahun ini. Hal itu sebagai upaya antisipasi membludaknya hewan peliharaan yang akan divaksin seperti yang terjadi pada kegiatan sebelumnya.


Kepala Bidang Pertanian, Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasar mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan 1.000 dosis vaksin bagi hewan peliharaan di wilayahnya.

“Tahun lalu kami menyiapkan sebanyak 800 vaksin rabies dan habis, makanya untuk tahun ini jumlahnya ditambah menjadi 1.000 dosis,” katanya, Kamis (13/1/2022).

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 1.600 dosis terdiri dari vaksin flu burung dan rabies yang diberikan secara gratis kepada masyarakat.

“Rinciannya vaksin rabies sebanyak 1.000 dosis, dan vaksin flu burung 600 dosis. Vaksin itu nantinya akan diberikan secara gratis ke masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi kekurangan vaksin rabies, maka di 2022 ditambah 200 dosis, yang tadinya 800 dosis jadi 1.000 dosis.

“Kami secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga, fokusnya kepada vaksin rabies dan vaksin flu burung,” sebutnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung rencananya akan dilakukan mulai Februari di 15 kelurahan dengan dipusatkan di satu lokasi. Sementara itu sasaran vaksin rabies dan flu burung diantaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog dan angsa.

“Namun kebanyakan warga membawa hewan peliharaan jenis kucing, anjing, dan ayam. Setiap diadakan vaksinasi, animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds