Dari pada Pulang Bawa Penyakit, Ridwan Kamil: Tahan Dulu Bepergian ke Luar Negeri

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta masyarakat kalangan menengah atas untuk menunda perjalanan atau berwisata ke luar negeri. Ia menyoroti kasus omicron di negara lain yang sedang meningkat.


Diketahui, awal tahun 2022, sebanyak 20 orang warga ber-KTP Jawa Barat menjalani karantina di Wisma Atlet setelah terkonfirmasi positif Covid-19 varian omicron sepulang perjalanan dari luar negeri.

Berselang sepekan, diketahui ada warga Kabupaten Bandung yang terkonfirmasi virus varian serupa setelah menuntaskan perjalanan dari Afrika. Hal itu diketahui setelah mereka menjalani karantina 14 hari, dan saat isolasi di rumah, ada gejala covid-19 hingga akhirnya dikarantina di Rumah Sakit Al-Ihsan.

Informasi terbaru, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa terdapat transmisi virus lokal kepada empat orang. Artinya, ada delapan orang warga Kabupaten Bandung yang terkonfirmasi positif Covid-19 diduga varian omicron.

Ridwan Kamil mengatakan saat ini kepastian untuk memilah jenis varian Covid-19 dari pengetesan tidak sederhana.

“Belum terpilah secara jelas, karena omicron dan delta masih cari ilmunya, membedakannya ga sederhana. Makanya sedang persiapan ada teknologi baru dari Kemenkes untuk Jabar supaya ngetes PCRnya ekstra. 8 (orang yang positif diduga omicron) itu (total) dari (transmisi) lokal empat (warga kabupaten Bandung) kemarin,” jelas dia di Gedung Sate, Rabu (12/1).

“Maka sekarang, ikuti imbauan pak presiden, hindari dulu ke luar negeri termasuk yang berwisata, terutama bagi kelompok menengah atas. Karena di luar indonesia omicron luar biasa,” ia melanjutkan.

“Jangan sampai niatnya tersier, pulangnya membawa virus, sehingga kita yang (pengendalian Covid-19) sudah bagus, menjadi masalah. Tapi, secara umum terkendali meskipun ada sekitar penularan loikal 8 orang, setengahnya di RS al ihsan, mayoritas di Kab bandung, sedikit di Depok,” pungkasnya.

(dbs)

Loading...

loading...

Feeds

FIFA Mobile 22 Sudah Bisa Diunduh

 POJOKBANDUNG.com- MEMASUKI musim keenamnya, sejumlah pembaruan dilakukan EA SPORTS untuk memberikan sensasi berbeda bagi para penggemar gim FIFA Mobile yang …