30 Menit, Rumah Nana Dedi Hancur Disapu Angin

Salah satu rumah warga di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat porak poranda akibat hujan intensitas tinggi dan angin kencang. (Foto: Hendra Hidayat/ Pojok Bandung)

Salah satu rumah warga di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat porak poranda akibat hujan intensitas tinggi dan angin kencang. (Foto: Hendra Hidayat/ Pojok Bandung)

POJOKBANDUNG.com, CIPATAT – Ratusan rumah di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat porak poranda akibat diterjang hujan intensitas tinggi dan angin kencang.


Salah seorang warga RT 01/ RW 21 Kampung Cikebil, Desa Kertamukti, Nana Dedi (53) menjelaskan, rumah yang ditempatinya bersama keluarga hancur lantaran terdampak bencana tersebut.

“Bukan hanya atap, tembok dapur dan kamar rumah jebol. Karena genteng dan tembok diperbaiki dulu. Saya juga khawatir turun hujan lagi kalau tetap di sini,” katanya Rabu (12/1/2022).

Ia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi kurang dari 30 menit dan dirinya bersama dua anggota keluarga lain berhasil menyelamatkan diri sebelum rumahnya hancur.

“Hujan angin sekitar 30 menit. Saya bersama istri dan anak sedang di dalam, tiba-tiba terdengar suara keras bunyi tembok runtuh disertai suara pecahan genting. Untung kita cepat keluar,” katanya.

Kepala Desa Kertamukti, Sunaryo mengatakan akibat angin kencang setidaknya ada 23 unit rumah yang hancur. Sementara warga yang mesti mengungsi ada sekitar 15 orang terdiri dari 5 kepala keluarga.

“Total rumah rusak di sini ada 218, sedangkan rusak berat ada 23 rumah. Namun yang mengungsi hanya 5 KK dengan jumlah anggota keluarga 15 orang,” jelasnya.

Ia menegaskan, Pemerintah Desa Kertamukti menetapkan status siaga bencana. Ia pun meminta aparat RT dan RW diimbau waspada dan berjaga 24 jam.

“Kita tetapkan status siaga. RT RW kita imbau waspada bencana susulan,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds