Cegah Penyebaran Omicron, Kadinkes Kota Bandung Minta Aparat Kewilayahan Aktifkan Tempat Isoasi

ILUSTRASI: Warga menyemprotkan cairan disinfektan di tempat Ruang Isolasi Mandiri. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/POJOKBANDUNG).

ILUSTRASI: Warga menyemprotkan cairan disinfektan di tempat Ruang Isolasi Mandiri. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/POJOKBANDUNG).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksaanagara menegaskan, hingga saat ini belum ditemukan kasus Covid-19 varian Omicron di kota kembang.


“Memang ada warga Kota Bandung yang melakukan perjalanan dari luar negeri, tapi sudah isolasi dan hingga saat ini belum ada yang dinyatakan terinveksi virus Omicron,” ucap Ahyani dalam acara Bandung menjawab Selasa (11/1/2022).

Ahyani mengungkapkan, siapapun yang sudah melakan perjalanan ke luar negeri, maka harus melakukan isolasi meskipun belum dinyatakan positif Covid-19.

“Isolasi yang dilakukan setidaknya selama 14 hari. Karena, masa incubasi virus ini ada yang sampai 10-14 hari,” tambahnya.

Ahyani mengatakan, dengan posisi Kota Bandung yang merupakan aglomearsi Bandung Raya, sehingga sulit untuk mengendalikan warga yang keluar masuk Kota Bandung. Banyak warga yang melakukan aktifitas di Kota Bandung.

“Bandung kan kota terbuka, tidak mungkin melarang warga luar untuk masuk ke Kota Bandung,” jelasnya.

Untuk itu, sambungnya, yang bisa dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan ketat, baik secara individu maupun kolektif. Sehingga tidak ada celah penularan dan penyebaran omicron.

“Kita kan sudah sudah mengetahui, penularan melalui droplate, baik itu melalui mulut, hidung dan mata. Sehingga itu yang harus dilindungi dan ditutup,” terangnya.

Ahyani mengatakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 termasuk varian Omicron, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung sudah meminta aparat kewilayahan kembali mengaktifkan tempat isoasi di wilayah masing-masing.

“Sehingga, jika ada kasus covid ruang isolasi tersebut bisa langsung digunakan. Selain itu ada 36 rumah sakit siap menjadi tempat isolasi, selain juga BKPSDM milik pemprov yang masih bisa direkomendasikan,” tandasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds