Ratusan Penyandang Difabel Dapatkan Bantuan CSR dari PT Pertamina Retail.

POJOKBANDUNG.id, BANDUNG – Sebagai komitmen PT Pertamina Retail (PTPR) dalam menjaga keseimbangan kelestarian lingkungan dan masyarakat, sebanyak ratusan penyandang difabel mendapatkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).


PTPR melalui program CSR Pertamina Retail Peduli membagikan bantuan berupa donasi dan alat bantu bagi ratusan penyandang difabel yang dinaungi oleh Yayasan Rinjani Bandung Difabel, dan Yayasan Aziziyah Pacet, Kabupaten Bandung.

Direktur Utama Pertamina Retail, Iin Febrian menjelaskan, bergulirnyaergulirnya program sosial kemasyarakatan ini merupakan, tanggungjawab sosial dan lingkungan itu telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (selanjutnya disebut UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas). Undang-Undang ini berlaku sejak tanggal 16 Agustus 2007 lalu.

“Kalau program CSR ini berjalan dengan baik maka, setiap perusahaan akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Febrian saat ditemui di SPBU Dago, Kota Bandung, Sabtu, (27/11).

Dia menyebutkan, sejumlah program CSR yang digulirkan oleh PT. Pertamina Retail yaitu, CSR bidang pendidikan, pertanian, kesehatan lingkungan serta penanganan covid-19. Sementara, di akhir tahun ini (2021), pihaknya fokus bantu kebutuhan prasarana bagi penyandang disabilitas.

“Intinya perusahaan terus berupaya agar bisa berkontribusi positif bagi masyarakat,” ucapnya.

Menanggapi imbauan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), bahwa setiap perusahaan harus memberikan ruang atau akses kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas, Iin mengatakan, sejauh ini PT. Pertamina Retail telah mempekerjakan para penyandang disabilitas di perusahaannya.

“Kolaborasi ini kita lakukan agar terwujud kemandirian sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomiannya. Jadi dalam hal ini istilahnya, kita tidak hanya kasih ikannya saja, tapi kailnya pun kita berikan. Tujuannya, agar mereka (penyandang disiabilitas) bisa mandiri kedepannya,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili yayasan yang bergerak di bidang penanganan penyandang disabilitas, Ketua Yayasan Rinjani Bandung, Nina Riani, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh PT. Pertamina Retail.

“Saya berasa mimpi dapat bantuan ini,” kata Nina.

Diakuinya, selama ini ia bersama pengurus lain tidak pernah mengira bakal mendapat respon cepat dan positif dari pihak perusahaan, terkait ajuan kebutuhan alat bagi para penyandang disabilitas yang tergabug dengan yayasannya.

“Awalnya coba buka media internalnya Pertamina Retail, setelah dilihat, ternyata ada program CSR yang sangat kami perlukan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, atas bantuan yang diterima dari pihak Pertamina Retail ini, sangat berharga dan bermanfaat.

“Kita dikasih kursi roda dan kebutuhan penunjang lainnya. Semoga bantuan ini bisa dirasakan juga oleh yayasan lain terutama yang bergerak di bidang penanganan penyandang disabilitas,” ucapnya.

Loading...

loading...

Feeds