Target Kunjungan Wisatawan Kota Bandung Turun Jadi 3 Juta, Ini Penyebabnya

Obyek Wisata Saung Angklung Udjo sudah diperbolehkan dibuka kembali untuk umum. (foto: ist)

Obyek Wisata Saung Angklung Udjo sudah diperbolehkan dibuka kembali untuk umum. (foto: ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, menargetkan kedatangan wisatawan dalam satu tahun sekitar 3 juta orang.
Bahkan Pemkot Bandung sudah melaunching calendar of event 2022.


Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kania Sari mengatakan, target tersebut sudah disesuaikan meski lebih sedikit dari tahun sebelumnya sekitar 8 juta kunjungan.

“Tapi itu sudah disesuaikan dengan RPJMD. Sehingga ini merupakan angka moderat yang bisa kita tentukan,” tegas Keny.

Kenny mengatakan, dalam calendar of event 2022 Kota Bandung sudah ditentukan 78 event. Namun ada 10 yang dijagokan. Top ten ini diantaranya keukeun Bandung Kota Angklung 2022. Bandung Festival Kuliner 2022. Kemudian Bandung Independent Film Fest. Bandung Run 2022. Sport tourism. Bandung Photograpy Mounth, dan Hari tari Seduia.

“Ini digelar bisa dengan cara online, offline atau dengan hybrid, sangat bergantung keadaan pandemi di Kota Bandung,” tambahnya.

Disinggung mengenai Bandung Kota Nganklung 2022, Kenny mengatakan hal itu sebenarnya sudah dipersiapkan sejak tahun lalu. Bahkan sudah melakukan riset dengan bantuan akademisi, karena memang menjadi icon di kota kembang.

“Kami juga melihat angklung membantu satu ekosistem, di mana ada pengrajinnya, ada program studinya, ada juga senimannya,” terang Kenny.

Untuk calendar of event 2021, Kenny mengatakan banyak yang tidak terlaksana itu lantaran diberlakukannya PPKM dan PSBB. Karenanya, Kenny berharap hal itu tidak terjadi tahun ini.

Ditanya mengenai kedatangan wisatawan tahun ini, Kenny mengatakan dari target 3 juta kedatangan sudah tercapai 2 juta lebih.

“Seharusnnya, dengan sisa 1 bulan lagi, target 3 juta kedatangan bisa terccapai. Tapi, karena saat libur nataru ada penerapan PPKM level 3, jadi kemungkinan target tersebut tidak tercapai,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan harapannya agar apa yang sudah direncanakan berjalan dengan mulus.

“Mudah-mudahan rencana kita dilancarkan dan pandemi segera berlau,” kata Ema.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds