Semangat Kreasi Digital Savvy Melalui Re.Creation

POJOKBANDUNG.id, BANDUNG –  Jenius dari Bank BTPN, yang dikembangkan melalui proses kokreasi dan kolaborasi sejak awal, terus bertumbuh bersama masyarakat digital savvy hingga memasuki tahun kelima. Semangat kokreasi dan kolaborasi ini juga diwujudkan dalam acara tahunan yang kembali diselenggarakan oleh Jenius, yaitu Jenius Co.Creation Week 2021 pada 6–10 Desember 2021.


Dengan mengusung tema ‘Re.Creation’ tahun ini, Jenius ingin mengajak masyarakat digital savvy Indonesia berekreasi menikmati beragam acara dan konten inspiratif yang dapat menjadi penyegaran dari rutinitas sehari-hari.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi B. Sumintardja menjelaskan acara kokreasi yang diselenggarakan oleh Jenius tahun ini. Ia menyebut, nyaris dua tahun pergerakan masyarakat Indonesia dibatasi. Sehingga pihaknya menyadari bahwa dengan berbagai respons atas keterbatasan ini, ada satu hal yang menyatukan kita, yaitu kejenuhan.

“Oleh karena itu, kami berharap Jenius Co.Creation Week 2021 dapat membantu masyarakat digital savvy untuk rekreasi menyegarkan pikiran, serta menjadi inspirasi dalam membentuk dan menata kembali kehidupan,” ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/11/2021).

Proses kokreasi dan kolaborasi di Jenius dilakukan melalui berbagai saluran. Hingga Oktober 2021, Jenius telah mendengar lebih dari 1 juta suara dari 35.000 Co.Creator, atau anggota komunitas Jenius Co.Create yang terdaftar di platform cocreate.id. Selain itu, Jenius juga mendengar masukan dan ide digital savvy melalui lebih dari 600 survei daring, diskusi kelompok terpumpun, wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 83.000 anggota masyarakat digital savvy Indonesia.

Waasi menyebut, Jenius Co.Create telah menyelenggarakan 105 acara luring dan 110 acara daring yang diikuti lebih dari 8.000 anggota masyarakat digital savvy yang tersebar di berbagai kota di Indonesia hingga luar negeri seperti Oslo, Singapura, dan Selandia Baru.

Sebagai salah satu wadah untuk menyampaikan ide, terdapat tiga kompetisi dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2021, yaitu #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition, Jenius Co.Create Website Revamp Competition, dan Jenius App Animated Greetings Competition. Dalam #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition, peserta membuat video iklan layanan masyarakat mengenai edukasi tentang Jenius Aman dan cara menjaga keamanan data pribadi yang bersifat rahasia.

“Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, Jenius Co.Creation Week 2021 juga ingin menyediakan sarana untuk menata kembali kehidupan setelah pandemi melalui Jenius Financial Workshop bersama financial trainer dari QM Finansial,” jelasnya.

Melalui workshop ini peserta memiliki kesempatan untuk secara one-on-one membahas masalah keuangan, melakukan financial check-up, sampai menemukan strategi keuangan yang tepat serta meningkatkan kemampuan mengelola finansial.

Pada pilar Technology, terdapat Jenius Conference bertajuk Recreating The Art Ecosystem: The NFT Story, Teguh Kurniawan Harmanda, COO Tokocrypto yang akan berbagi informasi mengenai Non-Fungible Token, atau NFT, yang saat ini sedang populer dalam industri kreatif. Acara ini akan dipandu oleh Aria Rajasa, Founder of Karyakarsa. Selanjutnya, Fajar Jaman, CEO IYKRA & Chief Strategy KORSANTEX, akan berbagi informasi mengenai pentingnya menjaga data pribadi seiring maraknya modus penipuan digital social engineering (rekayasa sosial) dalam The Social Engineering Dilemma of Data Privacy, yang akan dipandu oleh Rahadian Rizki, Lead Data Scientist at Mamikos.

“Kami mengajak masyarakat digital savvy di mana pun berada untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara Jenius Co.Creation Week 2021. Jenius berharap beragam tokoh dan konten inspiratif di acara ini dapat menjangkau lebih banyak masyarakat digital savvy sebagai wadah untuk bertumbuh dan bergerak maju bersama”, tutup Waasi.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds