Ribuan Anggota Linmas Kabupaten Bandung Sudah Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Ribuan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Bandung sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. (ist)

Ribuan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Bandung sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. (ist)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ribuan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Bandung sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu sebagai bukti kehadiran pemerintah memberi perlindungan kepada masyarakat khususnya pekerja.


Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat, Suwilwan Rachmat didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandung Soekarno Hatta, Efa Zuryadi mengatakan, ribuan Anggota Linmas Kabupaten Bandung ini tercover dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Saat ini baru dua program, tapi Pak Bupati (Dadang Supriatna) sangat konsen soal perlindungan sosial bagi pekerja. Kedepan Pak Bupati akan meningkatkan program untuk Linmas,” ucap Suwilwan usai Launching BPJS Ketenagakerjaan Bagi Anggota Linmas Siaga Kecamatan dan Linmas Periode Siap Desa di Kabupaten Kabupaten Bandung, di Hotel Sutan Raja, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (24/11/2021).

Menurut Suwilwan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Anggota Linmas ini sejalan dengan misi Bupati Bandung, Dadang Supriatna dalam mewujudkan kesetaraan dan pemberian hak-hak kepada seluruh masyarakat khususnya pekerja.

“Anggota Linmas juga memiliki risiko kerja, sama seperti pekerja lain. Misalnya mereka mengalami kecelakaan kerja maka bisa mendapat bantuan biaya pengobatan atau jika meninggal dunia ketika sedang bekerja maka ahli waris mendapat santunan,” jelasnya.

Baca Juga: Tiga Kali Berturut-turut, BPJS Ketenagakerjaan Kembali Raih Gold Rank di Ajang ASRRAT 2021

Kata Suwilwan, pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan untuk Anggota Linmas ini merupakan kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan khususnya BPJS Ketenagakerjaan Cabang Soekarno Hatta dengan Pemerintah Kabupaten bandung dalam upaya mewujudkan universal coverage.

“Kita terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan stake holder terkait untuk mewujudkan universal coverage,” tandasnya.

Baca Juga: 58 Atlet PON XX Cedera, BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Biaya Pengobatan Hingga Sembuh

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, BPJS ketenagakerjaan ini sangat penting apalagi untuk Satgas Linmas Desa yang menjadi garda terdepan di lapangan.

“Mudah-mudahan pemberian kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, Anggota Linmas merasa terlindungi, dan misalnya mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia maka ahli warisnya akan menerima manfaatnya,” ujar Dadang.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …