Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Bandung Perlahan Naik

MERAPIHKAN : Seorang penjual telur menjaga lapak dagangannya. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

MERAPIHKAN : Seorang penjual telur menjaga lapak dagangannya. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Petani telur ayam negeri sempat merugi dan hentikan produksi. Sehingga sekarang harga kembali normal bahkan cenderung naik.


“Beberapa waktu yang lalu permintaan dan harga telur negeri turun. Salah satunya diakibatkan oleh pemberlakukan PPKM,” ujar Kabid Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemetrologian pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, Senin (22/11/2021).

Seperti diketahui, harga telur ayam negeri beberapa waktu lalu mengalami penurunan sampai Rp18 ribu per kilogram. Sehingga, petani telur memutuskan untuk tidak berproduksi dengan alasan tidak sesuai antara biaya produksi dengan harga jual telur.

“Belum lagi harga pakan yang naik. Sehingga biaya produksi memang tidak seimbang dengan harga jual telur per kilogram,” tambahnya.

Setelah pengehentian produksi, sekarang permintaan telur kembali meningkat sering dengan turunnya level kewaspadaan Kota Bandung terhadap Covid-19.

“Sehingga sekarang harga terlur ayam kembali naik,” kata Meiwan.

Meiwan mengatakan, harga telur ayam negeri per kilogram sekarang mencapai Rp25.00-Rp26.000. Komoditas yang mengalami kenaikan juga adalah, cabe merah tanjung. Yang semula harganya Rp25.000 sekarang menyentuh Rp40.000 – Rp45 .000 per kilogram. Harga naik, selain lantaran cuaca buruk juga sudah memasuki akhir masa panen.

“Itu bergantung ketersediaan dan harga di masing-masing pasar,” tambahnya.

Mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru, Meiwan mengatakan, ada kemungkinan harga naik. Namun, lanjut Meiwan, yang penting stok tetap aman.

“Ya kalau terakhir kami rakornas, stok aman sampai akhir tahun,” katanya.

Disinggung mengenai harga daging tidak ada peningkatan. Baik itu harga daging ayam maupun daging sapi. Untuk daging ayam masih diharga Rp34.000 – Rp36.000 dan daging sapi masih di harga Rp120.000 – Rp130.000. Sedangkan untuk harga minyak goreng curah dan kemasan premium masih belum akan mengalami penurunan.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …