Dewan: Peresmian KTR Kota Bandung Jangan Hanya Seremonial

Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan kawasan tanpa rokok di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (15/11/2021). (ist)

Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan kawasan tanpa rokok di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (15/11/2021). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Bidang kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Sonny Adam mengatakan, plang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) hanya merupakan sosialisasi, tidak bersifat larangan.


“Kita harus pastikan dulu, apakah Jalan Braga masuk ke dalam area publik atau bukan. Kalau masuk area publik berarti memang tidak boleh dijadikan kawasan merokok,” ujar Sonny.

Menurut Sonny, sampai sekarang larangan merokok sanksinya di tempat umum belum bisa ditegakkan lantaran Perda No 4 tahun 2021 tentang KTR memberikan waktu 1 tahun untuk sosialisasi. Sehingga Perda baru bisa diberlakukan pada Mei 2022.

“Sekarang baru sampai tahap sosialisasi,” terangnya.

Sayangnya, di beberapa titik yang dipasang plang larangan merokok, tidak ditempatkan petugas untuk memberikan sosialisasi.

“Kami tidak mungkin menjaga kawasan itu 24 jam. Sehingga, kami juga meminta aparat kewilayahan untuk ikut membantu mengawasi,” tambahnya.

Disinggung mengenai kemungkinan membuat tempat merokok di dekat KTR, Sonny mengatakan, tidak semua KTR boleh disiapkan tempat merokok.

“Kalau di pertokoan, perkantoran, tempat makan dan taman mungkin bisa dibuat tempat merokok. Tapi ada beberapa kawasan yang memang dilarang untuk merokok,” paparnya.

Kawasan tersebut adalah, tempat peribadatan, pusat pendidikan dari level PAUD sampai universitas, dan fasilitas kesehatan.

“Itu semua sudah diatur dalam Perda,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul mengatakan, launching KTR yang dilakukan Pemkot Bandung beberapa waktu lalu jangan hanya seremonial saja.

“Harus diperhatikan adalah implementasi di lapangan,” katanya.

Menurut Rizal, jika nanti sudah dibentuk satgas KTR, Rizal berharap mereka bisa bertindak tegas dalam implementasinya.

“Kita nanti akan evaluasi sampai mana implemtasi Perda KTR ini bisa dilaksanakan di lapangan dengan pengawasan Satgas KTR,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …