Kongres Pemerintahan Daerah Se-Asia Timur Digelar di Jabar

Section Meeting atau pra event Kongres Pemerintahan Daerah se-Asia Timur yang dihadiri sekitar 230 peserta perwakilan pemerintah daerah se-Asia Timur di The Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (17/11/2021).

Section Meeting atau pra event Kongres Pemerintahan Daerah se-Asia Timur yang dihadiri sekitar 230 peserta perwakilan pemerintah daerah se-Asia Timur di The Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (17/11/2021).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Provinsi Jawa Barat (Jabar) dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Pemerintahan Daerah se-Asia Timur (the East Asia Local and Regional Government Congress) ke-11.


Para peserta akan bertukar gagasan hingga menggali potensi kerjasama untuk penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengatakan cara tersebut dijadwalkan terselenggara 17 November 2022 di Kota Bandung.

Sebagai langkah persiapan, Pemprov Jabar menggelar Section Meeting atau pra event yang dihadiri sekitar 230 peserta perwakilan pemerintah daerah se-Asia Timur di The Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (17/11/2021).

“Di kongres itu juga jadi ajang promosi, investasi,  perdagangan dan pariwisata. Ini sebuah kehormatan Provinsi Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah Kongres Asia Timur. Akan ada sharing pengalaman pemerintah-pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi dan memulihkan ekonominya” ujar Dodit usai acara section meeting, pre event kongres Rabu (17/11).

Status tuan rumah dalam pelaksanaan kongres itu juga berpeluang menjadikan Jawa Barat dalam jejaring hubungan internasional pemerintah-pemerintah daerah. Ini selanjutnya akan membuka akses pelaku ekonomi Jawa Barat go internasional.

Kasubag Kerja Sama Luar Negeri, Taufiq Firdaus Al Muzaky menjelaskan, section meeting ini adalah pertemuan atau seminar pemerintah anggota kongres selenggarakan untuk para working-level officials dari berbagai pemerintah daerah anggota kongres lintas negara untuk berkumpul dan membahas isu-isu penting yang sedang dialami.

“Section Meeting ini penting karena sebagai bentuk perwujudan itikad baik Provinsi Jawa Barat menunjukkan keseriusan dan kesiapan Jawa Barat sebagai tuan rumah dan co-organizer melalui rangkaian persiapan yang sistematis mesikipun telah dilakukan penundaan karena Pandemi Covid-19. Diharapkan section meeting ini bisa menjadi awal keberhasilan penyelenggaraan congress ke-11,” kata Muzaky.

Untuk diketahui, Kongres Pemerintah Daerah se-Asia Timur diinisiasi Pemerintah Prefektur Nara, Jepang.

Kongres dibentuk dalam rangka mendasari pembangunan Asia Timur dan mendukung langkah proaktif dalam merealisasikan ide-ide. Kongres beranggotakan 75 Pemerintah Daerah dari 7 Negara.

Pada tahun 2014 melalui surat Gubernur Prefektur Nara tanggal 1 Juli 2014, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima undangan tawaran untuk menjadi anggota the East Asia Local and Regional Government Congress.

Melalui surat Dirjen Kantor Gubernur Prefektur Nara Jepang tanggal 17 Oktober 2014 tentang Announcement of Approved New Members of the East Asia Local and Regional Government Congress (NOTICE), Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara resmi diterima sebagai anggota the East Asia Local and Regional Government Congress yang tercatat dalam dokumen Referensi Nomor 194 tertanggal 3 Oktober 2015.

Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah dari Kongres Asia Timur ke-11 pada tanggal 17 November 2022, berdasarkan kesepakatan antara Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Nara pada tahun 2015 lalu setelah dilakukan penundaan karena Pandemi Covid-19. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …