Banjir Bandang, Pasokan Air Puluhan Ribu Pelanggan PDAM Tirta Raharja Terganggu

ILUSTRASI: Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kota Cimahi, Sri Hartati mengecek debit air.

ILUSTRASI: Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kota Cimahi, Sri Hartati mengecek debit air.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Puluhan ribu pelanggan PDAM Tirta Raharja alami gangguan pengaliran sejak 2 minggu lalu lantaran bencana banjir bandang dari Sungai Citarum/Cibangoak.


Manajer Junior Humas Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati mengatakan karena di wilayah dua dan tiga pelayanan PDAM mengalami banjir bandang menyebabkan pengolahan sumber air baku menjadi terganggu. Faktor lainnya juga disebabkan tingkat kekeruhan yang tinggi.

Agar tetap bisa melayani pelanggan, kata Sri, ada sejumlah armada tangki yang dikirim ke wilayah-wilayah pelanggan.

Namun karena ada keterbatasan jumlah, maka tidak seluruh pelanggan PDAM yang terdampak bisa terakomodir. Kata Sri, di wilayah dua dan tiga pelayanan PDAM ada sekitar 43 ribu yang mengalami gangguan.

“Ini baru sebagian, karena keterbatasan. Jadi, yang terdampak silahkan saja menghubungi kami, nanti di koordinir. Memang tidak sepenuhnya ya, kami juga akan memprioritaskan dan akan melayani sesuai dengan kebutuhan dari pelanggannya,” ujar Sri saat dihubungi via telepon, Rabu (17/11).

Disinggung mengenai kompensasi untuk pelanggan, Sri mengaku baru akan menyampaikan hal tersebut kepada pimpinan. Diakui Sri, selama gangguan memang belum ada kompensasi yang diberikan untuk pelanggan.

“Untuk kompensasi atau apapun kami akan sampaikan dulu ke pimpinan kami, karena kalau memang ada sesuatu yang seperti itu kan post mayor nanti kami akan sampaikan ke pimpinan kami,” tutur Sri.

Hingga saat ini, pihaknya belum bisa memastikan kapan gangguan pelayanan tersebut dapat diselesaikan.

Kata Sri, hal tersebut tergantung dari kondisi di lapangan. Jadi, apabila kondisi sungai sudah tidak banjir lagi maka baru bisa dilakukan pembersihan.

“Tapi kalau kondisinya masih banjir, kita enggak bisa. Tergantung pada alam. Kalau sudah mulai reda baru menyelesaikan, memperbaiki, membersihkan pipanya dan intake yang ada material batu, itu kita bersihkan seluruhnya,” pungkas Sri. (fik)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …