Hingga Oktober 2021, Bapenda Kota Bandung Raih Pajak Rp1,3 Triliun

ist

ist

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung mencatat hingga Oktober 2021 sudah berhasil meraih pajak sebesar Rp1,3 triliun dari target setelah direvisi sebesar Rp1,8 triliun.


“Catatan tersebut per Oktober 2021, kita masih ada 2 bulan lagi, mudah-mudahan bisa segera tercapai, minimal di angka Rp1,6 triliun,” ujar Kepala Sub Bidang Pengembangan Potensi Pajak Daerah pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung, Deden Saepuloh.

Deden mengatakan, pendapatan terbesar masih dari PBB dan BPHTB dengan raihan PBB sekitar Rp457 miliar dan BPHTB Rp400 miliar.

“Untuk BPHTB dan PBB memang biasanya banyak masuk pada akhir tahun, jadi pasti ada penambahan PAS,” terang Deden.

Deden mengakui, pendapatan tahun lalu dengan tahun ini memang tidak mengalami banyak perbedaan karena sama-sama masih di tengah pandemi dan terjadi lock down.

“Sekarang kan hotel dan restoran meskipun sudah boleh dibuka dan beroperasi, namun belum bisa maksimal. Untuk hotel kapasitasnya masih 50%,” tambahnya.

Disinggung mengenai target tahun depan, Deden mengatakan sekitar Rp2,3 triliun. Memang naik dibandingkan tahun ini. Namun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya memang bekum maksimal.

“Kalau melihat kondisi covid masih pulih, ya memang agak susah,” terangnya.

Disinggung mengenai pajak reklame, sekarang dalam masa peralihan dari penarikan pajak by izin, sekarang menjadi by tayang.

“Namun, sekarang sedang dalam proses untuk reklame yang tidak berizin pajaknya akan lebih besar dibanding yang berizin,” tegasnya.

Namun, ditanya mengenai berapa persisnya perbedaan pajak itu, Deden mengatakan, belum tahu pastinya.

“Kemungkinan selisihnya sekitar 50%. Jadi lebih baik mengurus dulu perizinannya,” terangnya.

Untuk realisasi pajak reklame sendiri, Deden mengatakan sudah terealisasi Rp14 miliar dari target Rp16 miliar, atau sekitar 94%.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …