MUI Resmi Menyatakan Kripto Haram, Pinjol Bagaimana?

ILUSTRASI: MUI Resmi Menyatakan Kripto Haram, Pinjol Bagaimana? Foto: Humas UM Surabaya

ILUSTRASI: MUI Resmi Menyatakan Kripto Haram, Pinjol Bagaimana? Foto: Humas UM Surabaya

POJOKBANDUNG.com- MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan kripto melalui Forum Ijtima Ulama.


Tak hanya kripto, Ketua MUI Asrorun Niam Soleh juga menyatakan pinjaman online (pinjol) haram.

“Layanan pinjaman baik offline maupun online yang mengandung riba hukumya haram, meskipun dilakukan atas dasar kerelaan,” beber Asrorun dalam Forum Ijtima Ulama, Kamis (11/11).

Asrorun menjelaskan pada dasarnya pinjam meminjam atau utang piutang merupakan bentuk akad tabarru’ (kebajikan) jika dilakukan dengan dasar saling tolong menolong.

Bahkan, menurutnya, dianjurkan sejauh tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. “Namun, sengaja menunda pembayaran utang bagi yang mampu hukumnya haram,” ujar Asrorun.

Lebih lanjut, Asrorun menyebut memberikan ancaman fisik atau membuka rahasia (aib) seseorang yang tidak mampu membayar utang adalah haram.

Adapun memberikan penundaan atau keringanan dalam pembayaran utang bagi yang mengalami kesulitan, merupakan perbuatan yang dianjurkan (mustahab). Oleh karena itu, Asrorun meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkoinfo, Polri, dan OJK terus meningkatkan perlindungan kepada masyarakat.

“Melakukan pengawasan serta menindak tegas  penyalahgunaan pinjaman online atau finansial technologi peer to peer lending (Fintech Lending) yang meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Asrorun menegaskan penyelenggara pinjol menjadikan fatwa MUI sebagai pedoman dalam semua transaksi yang dilakukan.

“Umat Islam hendaknya memilih jasa layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah,” tegas Asrorun.

(mcr10/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …