Permudah Perizinan, Pemkot Cimahi Berlakukan OSS RBA

RADARBANDUNG.id, CIMAHI- Pemkot Cimahi meluncurkan System Online Single Submission Risked Based Approach (OSS-RBA) yang dirancang untuk memudahkan para pelaku usaha mengurus perizinan.


Hal tersebut merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang No. 11/2020 Tentang Cipta Kerja. OSS-RBA diluncurkan secara resmi pada 9 Agustus 2021 lalu oleh Presiden Jokowi.

Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengakui akibat pandemi Covid-19 perekonomian Kota Cimahi pun terdampak cukup besar. Selain menurunnya tingkat ekonomi, penurunan di sektor ekspor dan impor.

“Pandemi juga berdampak pada penurunan nilai agregat atau total investasi juga naiknya tingkat pengangguran,” katanya.

Ia mengatakan hal ini harus menjadi perhatian yang serius bagi upaya memulihkan perekonomian kota pada beberapa tahun kedepan.

Oleh karena itu, hal tersebut juga menjadi solusi untuk memulihkan ekonomi.

“Hal yang dapat kita lakukan adalah dalam lingkup pengembangan ekonomi lokal kota. Hal ini dilakukan melalui dua cara yaitu memangkas ekonomi biaya tinggi melalui penyederhanaan perizinan dan mendongkrak kinerja UMKM,” katanya.

Ia menegaskan, dukungannya pada peluncuran sistem OSS-RBA ini dinilai  sebagai langkah stategis untuk memulihkan perekonomian nasional akibat dampak dari pandemi Covid-19.

“ASN Kota Cimahi untuk memperlajari secara lebih mendalam, membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan segera melaksanakan penyesuaian- penyesuaian yang diperlukan sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Ia meminta jajaran stafnya untuk terus melakukan inovasi di tengah-tengah pandemi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini bisa melalui penyediaan konsultasi secara daring dan terjadwal melalui zoom meeting dengan pemohon izin, juga dapat dikombinasikan dengan konsultasi offline secara terbatas dengan melihat kondisi penyebaran covid dan tetap menerapkan protokol Kesehatan.

“Mudah-mudahan apa yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini dapat langsung dipraktekan dan diimplementasikan. Mudah-mudahan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Cimahi,” pungkasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds