Buka Lapangan Kerja Baru, Apindo Jabar Jajaki Kerjasama dengan Calon Investor

Apindo Jabar bersama investor berkunjung ke Menteri Perdagangan, M. Lutfi di kantor Kementerian Investasi RI. (ist)

Apindo Jabar bersama investor berkunjung ke Menteri Perdagangan, M. Lutfi di kantor Kementerian Investasi RI. (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat berkomitmen untuk ikut andil menekan angka pengangguran. Salah satu upayanya menggaet calon investor agar menanamkan modal guna membuka lapangan pekerjaan baru di tanah pasundan.


Ketua Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik mengatakan, penduduk di Jabar kurang lebih 48 juta jiwa. Dengan angka yang cukup besar, kata Ning, sudah dapat dipastikan angkatan cukup tinggi terutama ditambah lulusan baru setiap tahunnya dan sebaliknya potensi jumlah penganggran juga akan bertambah.

“Jumlah populasi penduduk dan angka lulusan itu jika tidak diikuti dengan pembukaan lapangan kerja baru sudah pasti akan banyak pengangguran,” ucap Ning, Senin (1/11/2021).

Seperti diketahui, Indonesia memiliki populasi sebesar 270 juta jiwa, dimana 17,86 persen populasi berada di Jabar dan yang terbesar di antara 34 provinsi di Indonesia.

Melihat hal tersebut, sambung Ning, pihaknya terus menjajaki kerja sama dengan calon investor agar mau menanamkan modalnya di Jabar guna membuka lapangan kerja baru.

“Kami terus jajaki kerjasama dengan calon investor agar mau buka lapangan kerja dan bisa menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran,” jelasnya.

Ning mengungkapkan, salah satu langkah yang dilakukan ialah melakukan presentasi pada 19 Oktober 2021 di Kabupaten Purwakarta, dihadapan calon investor diantaranya Vice President untuk Strategic Sourcing dan Quality NB Athletic Shoe Duncan Scott, Country Manager New Balance di Indonesia Elmore Simorangkir, serta General Manager dari perusahaan Metropearl Indonesia Anto Tsai, dan beberpa tim technical development dari New Balance.

Baca Juga: Hadapi Perubahan dan Tantangan Global, Apindo Jabar: Pengusaha Harus Punya Inovasi

Ning menuturkan, pihaknya mengetahui betul apa yang menjadi keinginan dan kekhawatiran para investor. Beberapa poin menjadi hal penting dalam presentasi yaitu ketersediaan jumlah angkatan kerja besar di Jabar.

“Kemudian soal upah juga masih sangat kompetitif dan infrastruktur yang maju di antaranya Bandara Kertajati serta Pelabuhan Patimban,” ujarnya.

Baca Juga: Kabupaten Sukabumi Didorong Jadi Motor Penggerak Dunia Usaha, Begini Pesan Apindo Jabar

Menurutnya, pengembangan Kawasan segitiga Rebana menjadi salah satu fokus Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam menyedot calon investor untuk menanamkan modalnya di Jabar.

“Pengembangan kawasan Segitiga Rebana seluas 43.913 hektare menjadi lokasi calon investor untuk menanamkan modalnya,” imbuhnya.

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …