Pilkades Serentak Kabupaten Sumedang Terapkan Prokes Ketat

TINJAU: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi tinjau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sumedang. (ist)

TINJAU: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi tinjau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sumedang. (ist)

POJOKBANDUNG.com, SUMEDANG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sumedang.


“Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus memantau dan memberikan arahan kepada kabupaten yang akan melaksanakan Pilkades. Pada pekan ini, Provinsi Jawa Barat secara intens mengawal persiapan Pilkades di Kabupaten Sumedang serta kabupaten lainnya yang juga sedang melaksanakan persiapan,” tutur Dicky, sembari melakukan pemantauan di TPS 6 Desa Tanjungsari, yang merupakan UPT Agribisnis Tembakau.

Dicky berharap, semua kabupaten di Jawa Barat mempersiapkan kebutuhan Pilkades baik dari sisi regulasi, pembiayaan dan teknis di lapangan secara cermat dengan mempertimbangkan kesehatan masyarakat.

“Termasuk menyiapkan rekomendasi Menteri Dalam Negeri sebagaimana arahan dalam Surat Menteri Dalam Negeri.” jelasnya.

Dalam agenda rapat virtual persiapan pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar sebelum pemantauan dilaksanakan, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menuturkan, pihaknya baru saja melakukan briefing untuk berbagi tugas dalam pemantauan pelaksanaan Pilkades ini, yang diikuti oleh kami dari pemerintah kabupaten, Forkopimda dan Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat.

“Kami ingin memastikan pelaksanaan Pilkades ini berlangsung aman dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di setiap TPS.” imbuhnya.

Sedangkan dari sisi pengamanan, Polres Sumedang mengerahkan ratusan personilnya dengan berkolaborasi bersama TNI dan Linmas.

“Kekuatan pengamanan dari Polres 515 personil, ditambah 100 personil TNI dan Linmas. Patroli sudah dilaksanakan sejak malam untuk memastikan keamanan logistik. Di samping itu, kami sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan dalam Pilkades ini,” ujar Wakapolres Sumedang, Kompol Asep Gustoni.

Berdasarkan informasi yang kami miliki, Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang ini dilaksanakan di 89 Desa pada 26 Kecamatan yang tersebar di 689 TPS. Jumlah DPT yang resmi terdaftar sebanyak 267.920 pemilih dengan ketentuan jumlah DPT maksimal sebanyak 500 pemilih per TPS, sedangkan jumlah Calon Kepala Desa yang maju dalam ajang Pilkades ini sejumlah 340 calon.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …