Kejari Kabupaten Bandung Berikan Pendampingan Hukum Sengketa Lahan Sekolah

Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung di Baleendah/Ist

Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung di Baleendah/Ist

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Melalui Surat Kuasa Khusus (SKK), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung bisa melakukan pendampingan hukum guna penyelesaian masalah di sekolah-sekolah.


Seperti masalah sengketa lahan dan kegiatan-kegiatan seperti pengadaan barang dan jasa.

Kepala Kejari Kabupaten Bandung, Sunarko melalui Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Noordien Kusumanegara mengatakan dengan perjanjian kerjasama (MoU) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Maka nantinya pihak Kejari Kabupaten Bandung bisa melakukan bantuan hukum, pendampingan hukum, bisa memberikan pertimbangan, dan tindakan hukum lainnya.

Kali ini, kata Noordien, MoU dilakukan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat.

“Setelah berdiskusi, terungkap banyak hal di Disdik Kabupaten Bandung Barat yang memang membutuhkan pendampingan, terutama dalam hal sengketa lahan yang dipergunakan untuk bangunan sekolah,” ujar Noordien saat dihubungi via telepon, beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan informasi, ungkap Noordien, saat ini ada beberapa sekolah yang digugat oleh warga yang mengaku sebagai ahli waris dari pemilik lahan yang digunakan untuk bangunan sekolah.

“Kita belum tahu sekolahnya mana saja, itu baru informasi awal yang kami terima, secara detailnya nanti akan diketahui kalau sudah ada surat kuasa khusus (SKK) kepada kami untuk pendampingannya,” papar Noordien.

Selain itu, juga ada masalah yang muncul pada kegiatan pengadaan barang dan jasa. Terlebih anggaran yang turun untuk Dinas Pendidikan itu sangat besar karena kegiatannya sangat banyak.

Lebih jauhnya, Noordien menyebut tujuan kerjasama itu adalah sebagai pencegahan terjadinya tindakan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang seperti tindakan korupsi.

“Kami hadir untuk memberi warning dan pencegahan,” pungkas Noordien. (fik)

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …