Menpan RB Bentuk Jabatan Fungsional PSM, DPMD Jabar Sosialisasikan ke OPD

SOSIALISASI: DPMD Provinsi Jabar menginisiasi soal sosialisasi jabatan fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat. (ist)

SOSIALISASI: DPMD Provinsi Jabar menginisiasi soal sosialisasi jabatan fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat. (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) telah membentuk jabatan fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM).


Pembentukan jabatan fungsional tersebut, ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat.

Disamping itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia berencana melakukan penyederhanaan birokrasi pada jabatan administrasi birokrasi di lingkungan pemerintah daerah, sebagaimana tertuang dalam suratnya Nomor 800/2603/OTDA tertanggal 22 April 2021.

Menyusul kabar dibentuknya jabatan fungsional PSM dan rencana penyederhanaan birokrasi, DPMD Provinsi Jabar menginisiasi Sosialisasi Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat yang dilakukan melalui daring dengan peserta kabupaten/kota, dan sejumlah perangkat daerah di lingkup Pemdaprov Jabar yang akan memiliki PSM hadir secara tatap muka, antara lain BKD Jabar, Disnakertrans Jabar, Dinsos Jabar, Dishut Jabar, Dinas LH, DP3AKB Jabar, dan Biro Organisasi Setda Jabar.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman hal-hal baru, terutama yang berkaitan dengan jabatan fungsional penggerak swadaya masyarakat dan langkah positif dalam mendukung percepatan pemberlakuan kebijakan penyederhaan birokrasi,” tandas Wahyudin, S.Sos., MM, Sekretaris DPMD Prov. Jabar saat membuka kegiatan sosialisasi di Aula Muthawali.

Sementara itu panitia penyelenggara sosialisasi, Ricky Budiman Faried, Kasubbag Umum, Kepegawaian & Kehumasan menyatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini, adalah untuk memberikan informasi seluas-luasnya jabatan fungsional PSM, visi misi PSM, tupoksi, serta peta sebarannya.

Sebagaimana diketahui, bahwa jabatan fungsional PSM merupakan jabatan karir terbuka bagi Aparatur Sipil Negara untuk menangani kegiatan penggerakan masyarakat. Artinya memiliki tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melaksanakan kegiatan di bidang penggerakan masyarakat dalam upaya mewujudkan masyarakat yang lebih maju, mandiri, inisiatif, produktif, sejahtera, dan berdaya saing.

Secara teoritis, kompetensi jabatan fungsional PSM ada 6 (enam), yaitu Intervensi Sosial, Teknik Penyuluhan, Pengembangan Masyarakat, Manajemen Konflik, Manajemen Resiko, dan Pendidikan Luar Sekolah.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …