Unik! TPS Pilkades Kabupaten Bandung Bernuansa Pesta Pernikahan

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Dalam gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung, 20 Oktober 2021 kemarin, ada salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik yang menerapkan konsep pengantin.


TPS Pilkades unik tersebut, yaitu TPS 06 yang berada di Desa Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 06 Desa Pamekaran. Soreang, Sopian Hadi mengatakan, penggunaan pakaian pengantin ini merupakan bentuk upaya maksimal panitia pada saat gelaran Pilkades.

Selain itu, juga dalam rangka menyambut Bupati Bandung, Dadang Supriatna yang melakukan peninjauan ke TPS 06 tersebut.

“Jadi kita upayakan semaksimal untuk memakai seragam dan kebetulan disarankan untuk pakai baju adat. Kebetulan kami mendapatkan baju pengantin ini,” ujar Sopian saat di lokasi TPS.

Meski hanya menyewa, Sopian merasa senang menggunakan pakaian pengantin saat menjadi panitia pelaksana Pilkades.

“Panitia yang pakai baju pengantin ada 5 orang dan PAM 2 orang, perempuannya 1,” jelas Sopian.

Sopian mengungkapkan panitia TPS 06 menggunakan baju adat. Selain itu, memberikan suasana TPS dengan sentuhan nuansa acara pernikahan.

Para warga yang memasuki tempat pencoblosan akan mendapat pemandangan dekorasi khas resepsi pernikahan berwarna putih.

“Persiapannya cuma semalam, dari magrib. Tadinya mau pakai sketsa pengantin yang untuk depan, bunga segala macam, tapi berhubung waktunya mepet, jadi cuma segini saja,” tutur Sopian.

Di Desa Pamekaran, Soreang sendiri terdapat 5 calon kepala desa dalam Pilkades serentak. Kata Sopian, partisipasi masyarakat cukup tinggi. Namun, pihaknya tetap melakukan sejumlah upaya agar masyarakat yang belum memberikan hak pilihnya bisa segera datang ke TPS.

“Sudah berkunjung ke rumah-rumah pemilih, tapi datang atau tidaknya kita tidak bisa menentukan. Yang penting kita sudah melaksanakan kewajiban,” pungkasnya. (fik)

Loading...

loading...

Feeds

Menkeu Yakin RI Lolos dari Omicron

POJOKBANDUNG.com- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimistis Indonesia dapat mengatasi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Saat ini varian …