Sosialisasi KIE P4GN dan Tes Urine Sasar ASN di Kecamatan Gedebage Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tim Terpadu P4GNPN Kota Bandung melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), BNN Kota Bandung dan Sat Narkoba Polrestabes Bandung menggelar Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba P4GN, deteksi dini pemeriksaan test urine kepada 311 orang pegawai di lingkungan pemerintahan Kota Bandung.


Pemeriksaan yang dilakukan Tim Terpadu P4GNPN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika) digelar di 2 tempat terpisah, masing- masing di Kantor Dishub Kota Bandung Jalan Gedebage dan Kantor Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

Para pegawai yang menjalani pemeriksaan terdiri dari 258 pegawai ASN Dishub dan 53 pegawai ASN di lingkungan Kecamatan Gedebage dengan mengikutsertakan 4 kelurahan.

Kepala BKPSDM, Adi Junjunan Mustofa mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini dilingkungan pekerja Pemkot Bandung untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

“Permasalahan narkoba harus ditangani secara serius melibatkan seluruh komponen lapisan masyarakat. ASN sebagai tulang punggung yang terikat dengan kode etik senantiasa harus menjaga marwah dalam mewujudkan Kota Bandung bersih narkoba,” jelasnya.

Ia menambahkan, meski jumlah ASN hanya 0,6 persen dari jumlah warga Kota Bandung, namun apabila hal terburuk terjadi ini bisa berdampak citra negatif.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan Dishub Kota Bandung dapat menjadi teladan bagi seluruh warga dalm menciptakan kota yang Bersih dari narkoba (Bersinar),” imbuhnya.

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Deni Yus Danial dalam sambutannya mengungkapkan, Indonesia sedang darurat narkoba.
Dampaknya tentu dapat mengancam kehidupan masa depan.

“Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, P4GN adalah suatu strateginya yang merupakan strategi negara dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari penyalahgunaan narkotika,” terangnya.

Kegiatan tes urine ini merupakan upaya deteksi dini bagi ASN di lingkungan Pemkot Bandung sesuai amanah dari Inpres No. 2 Tahun 2020, tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) yang ditujukan kepada seluruh kementerian dan lembaga negara, kapolri, panglima TNI, para gubernur, bupati dan walikota harus melaksanakan P4GN.

Pemeriksaan tes ini pun merupakan implementasi Permendagri No. 12 Tahun 2019, tentang fasilitasi P4GN dimana disebutkan para gubernur, bupati/walikota, camat sampai ke tingkat paling bawah kepala desa dan lurah, wajib memfasilitasi pelaksanaan P4GN.

Deni menjelaskan, terbentuknya Tim Terpadu P4GNPN, dan keluarnya Perda No. 5 Tahun 2021, merupakan salah bukti bentuk komitmen Pemerintahan Kota Bandung dalam melaksanakan program P4GN, salah satu diantaranya sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan tes urine di Dinas Perhubungan Kota Bandung ini.

“P4GN hadir bukan menjadi tanggung jawab BNN atau Polri semata tetapi melibatkan semua pihak,” tandasnya.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds