Wujudkan Program Perlindungan bagi Pekerja, BPJAMSOSTEK dan Hiswana Migas Jalin Kerjasama

KERJASAMA: BPJAMSOSTEK dan Hiswana Migas jalin kerjasama PKS tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan, Senin (3/10/2021). (foto : ist)

KERJASAMA: BPJAMSOSTEK dan Hiswana Migas jalin kerjasama PKS tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan, Senin (3/10/2021). (foto : ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan, Senin (3/10/2021).


PKS ditandatangani langsung Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Ketua Umum Hiswana Migas, Rachmad Muhamadiyah di salah satu hotel di Kota Surabaya.

Kerja sama ini ditujukan untuk mensinergikan sumber daya yang ada dari kedua pihak agar penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat berjalan secara efektif, efisien dan terkoordinasi.

Zainudin mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang dilakukan ini, dirinya menerangkan bahwa Hiswana Migas merupakan salah satu ekosistem yang cukup besar di Indonesia, sehingga dengan sinergi ini akan berdampak baik bagi pekerja di dalamnya.

“Kami menyambut baik kerja sama ini. Kita juga hadirkan di sini seluruh perwakilan cabang, agar apa yang kita kerjasamakan, apa yang kita niatkan hari ini, bisa langsung operasional oleh seluruh cabang kami di daerah,” tegas Zainudin.

Zainudin menambahkan, hal ini sangat penting untuk dilaksanakan dikarenakan jaminan sosial ketenagakerjaan dimandatkan kepada BPJAMSOSTEK sebagai penyelenggara dan tentu sebagai badan penyelenggara.

“BPJAMSOSTEK tidak bisa bekerja sendiri, program yang bagus dari negara tersebut harus sampai kepada masyarakat dengan dukungan dari seluruh pihak,” imbuhnya.

“Semoga ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, sekaligus memiliki kontribusi positif juga pada kesejahteraan pekerja Indonesia dan memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Hiswana Migas merupakan mitra resmi dari Pertamina yang menjalankan unit-unit usaha Pertamina. Anggota Hiswana Migas tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari pengusaha ritel minyak tanah, SPBU, SPPBE, Agen LPG, Pelumas, Transportir, Petrokimia, Premium dan Minyak Solar Packed Dealer (PSPD) dan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS).

Profil kepesertaan ekosistem Hiswana Migas berdasarkan kode ILO per bulan Agustus 2021 antara lain 8.274 pemberi kerja/ badan usaha sudah terdaftar di BPJAMSOSTEK dengan total 141.960 tenaga kerja. Angka ini akan terus bertambah melihat masih adanya potensi sejumlah 1.726 pemberi kerja/badan usaha yang belum terdaftar dengan jumlah pekerja 181.230 tenaga kerja.

Senada dengan Zainudin, Rachmad Muhamadiyah dalam sambutannya juga mengatakan, kerja sama yang disepakati ini akan membantu seluruh anggota Hiswana Migas memahami seluruh program jaminan sosial ketenagakerjaan serta manfaat yang akan diterima.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Bandung Soekarno Hatta, Efa Zuryadi mengatakan, pihaknya turut senang dan mendukung kerja sama tersebut. Menurutnya, masih banyak anggota yang belum mengetahui program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan ini membawa manfaat kepada seluruh anggota Hiswana Migas agar mendapat program Jamsostek demi melindungi seluruh karyawan atau tenaga kerjanya. Khusus di Bandung kami akan terus melakukan sosialisasi program agar para pekerja tau hak-haknya dalam sosial ekonomi yang tentunya dapat meningkatkan kesejahteraannya,” pungkas Efa.

(*/arh)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …