Sumbang Medali Emas, Kepulangan 2 Atlet PON Papua Asal Ciamis Tak Disambut Pemkab

Seorang polisi menyambut kepulangan Dheya Nazhira Nur Amalina, peraih medali emas cabor selam asal Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, pada PON XX Papua. (ist)

Seorang polisi menyambut kepulangan Dheya Nazhira Nur Amalina, peraih medali emas cabor selam asal Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, pada PON XX Papua. (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIAMIS – Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan even akbar yang digelar empat tahun sekali. Setiap daerah mengirimkan para jagoan untuk berlaga dan meraih prestasi di masing-masing cabang olahraga (cabor).


Para atlet yang berhasil meraih medali sudah pasti akan bangga luar biasa. Bukan hanya untuk atlet, tapi nama daerah ikut terangkat selaras dengan prestasi yang telah ditorehkan. Bahkan penyambutan untuk atlet berprestasi sudah sepatutnya jadi yang istimewa.

Namun tidak demikian bagi Dheya Nazhira Nur Amalina peraih medali emas cabor selam dan Risa Setyawati peraih medali emas cabor terbang layang. Kepulangan mereka ke daerah asal di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat tak disambut oleh pejabat setempat, bahkan Pemkab Ciamis sekalipun.

Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, H Uus Rusdiana angkat bicara soal itu. Ia menyayangkan tidak adanya penyambutan istimewa kepada atlet Dheya Nazhira Nur Amalina dan Risa Setyawati. Padahal keduanya telah membawa prestasi dan mengharumkan nama daerah saat berlaga di PON XX Papua.

“Kenapa penting mereka disambut, agar semangat dan prestasi tetap terjaga. Itu akan jadi motivasi kepada calon atlet lainnya,” jelas Uus dari Fraksi PKS yang juga anggota Komisi C, Kabupaten Ciamis.

Kata Uus, meskipun orang tua mereka tidak mengharapkan adanya penyambutan kepada anaknya, tapi seharusnya Pemkab Ciamis ‘surti’ ngerti. Mana ada orang tua yang tak bangga melihat anaknya menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Saya ucapkan selamat kepada Neng Dheya dan Neng Risa atas prestasi yang telah mengharumkan Ciamis,” jelasnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis, Erwan Darmawan melalui pesan whatsapp
mengatakan, atas nama pribadi dan dinas dirinya minta maaf atas kepulangan Dheya atlet selam.

“Terus terang kepulangan yang bersangkutan, kami merasa kecolongan. Saya kira Dheya masih di Papua karena kami tidak mendapat kabar baik dari Dheya, dari keluarga Dheya, dari cabor Provinsi, dari KONI provinsi maupun dari Dispora Provinsi,” jelasnya.

Pihaknya terlalu konsentrasi terhadap atlet yang masih bertanding, padahal khusus Dheya dan pribadi sangat kenal dengan pribadi dan keluarga Dheya.

“Kami minta maaf sekali lagi kepada masyarakat Ciamis,” ucapnya.

Erwan menambahkan, sekali lagi atas nama pribadi saya minta maaf.

“Alangkah kami akan sangat berterimakasih apabila memberikan informasi apapun sebelum kekhilafan kami menjadi besar,” tandasnya.

(arh/bbs)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …