Intip Bisnis Fesyen Muslim Netaly Boutiq, Sudah Ikut Pameran ke Berbagai Negara

Pemilik Netaly Boutiq, Yuli Lubis.

Pemilik Netaly Boutiq, Yuli Lubis.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebagai salah satu sektor unggulan, Pelaku UMKM bidang fesyen di Kota Bandung merupakan yang bisa bertahan di tengah pandemi. Demikian juga yang dirasakan pemilik Netaly Boutiq, Yuli Lubis.


Butik yang berdiri di Jalan Guntusari Wetan, Kota Bandung ini menyediakan fashion untuk muslimah dengan berbagai model dan warna yang menarik.

Sebagai pemilik, Yuli mengatakan, dirinya selalu mengusahakan agar bisa menghasilkan 3 design baru setiap seminggu sekali. Dengan stok yang tidak terlalu banyak dalam satu model baju.

Selayaknya baju muslim, model yang banyak ditawarkan Yuli, diantaranya gamis, tunik dan beberapa model lain, ditambah dengan pernak pernik dan beberapa variasi yang menjadi ciri khas Netaly.

“Jadi setiap satu minggu satu kali, kami merilis model baru. Tentu saja semua disesuaikan dengan model dan warna yang sedang trend saat ini. Satu model paling kami hanya membuat 20 baju,” ujar ibu 2 orang anak ini.

Meski demikian, ada saja beberapa design yang paling diminati oleh pelanggan. Sehingga Yuli harus beberapa kali menyiapkan stok. Para pelanggan menyukai produk yang dijual Yuli, karena Yuli menerima pesanan sesuai dengan kebutuhan.

“Ada pelanggan yang meminnta salah stau model, namun dengan ukuran-ukuran tertentu. Misalnya dibuat lebih Panjang atau lebih pendek,” tambahnya.

Dengan dibantu 21 orang pegawai dan beberapa vendor, Yuli menyiapkan baju muslim untuk dijual secara online dan offline. Metode penjualan seperti inilah yang diakuinya bisa membuatnya bertahan di tengah pandemi.

“Selain berjualan di shopee, saya juga punya reseller di luar kota. Kalau saya punya model baru, nanti akan dikirim ke reseller, untuk tahu respon pasar seperti apa,” terangnya.

Memulai usaha sejak 2003, Yuli awalnya mengguakan teknik sulam sebagai aksesoris. Seiring berjalannya waktu, teknik sulam itu bergeser ke bordir. Meski ada beberapa perubahan dalam Teknik penambahan aksesoris namun, Yuli mengaku tidak membuat pelanggan setianya berpindah ke lain hati.

Buktinya masih banyak saja peminat hasil karya wanita keturunan Batak ini, bahkan sampai arti-artis terkenal. Dari sekian banyak pelanngannya, Yuli menyebutkan nama Ricka Rahim dan Adelia Pasha.

“Karena berjualan sudah lama dan sudah banyak artis yang datang, saya tidak ingat persis siapa saja yang sudah pernah datang dan berbelanja,” katanya.

Buah perjuangan selama belasan tahun, kini dinikmati oleh Yuli. Sekarang Yuli bisa mengikuti berbagai pameran di berbagai negara, seperti Malaysia, Australia, Manila, Jepang, sampai ke Moscow. Meski menghadirkan pakaian musllim, Yuli tidak lupa memberikan sentuhan ciri khas setiap negara yang akan didatanginya.

“Dengan memadupadankan ciri khas negara yang saya datangi, ciri khas kami sendiri sehingga menghasilkan baju yang disukai warga sekitar. Sehingga Alhamdulillah, pada setiap pameran di luar negeri bajunya selalu laku,” paparnya.

Pada awal 2021, Netaly membuat brand baru khusus pria yaitu Neu Men yang merupakan pakaian sehari-hari pria dengan model yang stylish. Sehingga sekarang tersedia baju dengan motif senada antara pria dan Wanita.

“Jadi bisa dipakai couple-an,” tambahnya.

Kepada para pelaku UMKM pemula yang ingin meraih sukses seperti dirinya, Yuli mempunyai beberapa tips, diantaranya, selalu mengikuti trend pasar saat ini, serta jangan lupakan untuk mengikuti perkembangan teknologi.

“Saya mengingatkan kepada para pemula, jangan malu untuk terus belajar. Karena ilmu bisa kita dapatkan dari siapa saja. Termasuk juga jangan alergi mendengarkan keinginan dan masukan dari customer baik itu yang positif dan negative,” tambahnya.

Tidak lupa, Yuli mengingatkan agar menjaga hubungan baik dengan costumer. Agar tidak ada batasan antara owner dan costumer.
Detail itu penting, karenanya, Yuli mengingatkan, sebagai pengusaha agar memperhatikan hal-hal kecil seperti pengemasan, pelayanan terhdap costumer.

“Karena hal-hal tersebut mewakili brand kita,” tambahnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …