Disdukcapil Kota Bandung Akan Datangi Warga untuk Proses Kependudukan, Ini Sasarannya

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Tatang Muhtar menyampaikan, pihaknya akan mempercepat pencatatan kependudukan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), lansia, sakit keras dan disabilitas.


“Caranya dengan melaksanakan proses jemput bola. Kita ada program Bi eha (Bisa euy hebat) dan Mang Udin (Mangga Urus Identitas Kependudukan) untuk menyasar itu,” ungkap Tatang, Selasa (12/10/2021).

Tatang mengatakan, untuk penyandang disabilitas dari 1.744 jiwa, tinggal 172 jiwa yang belum tercatat. Sementara itu, untuk lansia yang belum direkam sebanyak 739 jiwa dari 257.561 jiwa.

“Ini berguna untuk memenuhi hak mereka sebagai warga negara,” ucapnya.

Untuk mempercepat program ini, Tatang menghimbau agar warga yang memiliki keluarganya lansia, sakit, disabilitas atau ODGJ agar dilakukan rekam KTP guna pemenuhan hak kebutuhan pencatatan kependudukannya.

“Jangan malu, sampaikan saja, nanti tim kami datang. Kami ada 2 tim untuk menyasar ini. Selain itu kami kolaborasi dengan Dinas Sosial, panti rehab dan aparat kewilayahan,” terangnya.

Tatang menuturkan, Bi Eha dan Mang Udin memanfaatkan mobil pelayanan yang sudah tersedia untuk kemudian dilengkapi peralatan perekaman e-KTP portable.

“Ini akan terus dilakukan sebagai layanan mengingat, hak kependudukan lansia, penyandang disabilitas terhadap administrasi kependudukan dan layanan publik lainnya harus dipenuhi,” tuturnya.

Saat ini Disdukcapil berkordinasi dengan Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung (Dinsosnangkis).

“Kami kordinasi dengan Dinsosnangkis, data juga terus berjalan. Kami kordinasi dengan panti atau Rumah Sakit ketika memang ada identitas di sana. Kadang warga yang punya anggotanya relatif malu. Kami harapkan untuk melapor ke dinas. Ada kebutuhan untuk memenuhi kebuhanan administrasinya,” tandasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …