Banyak Mesin Parkir Rusak, Dishub Kota Bandung Bilang Begini

RADARBANDUNG.com, BANDUNG – Dari 445 titik mesin parkir di Kota Bandung, kurang lebih 30 persen mengalami kerusakan. Perbaikan tidak bisa dilakukan mengingat kekuatan anggaran saat ini terkena refocusing.


“Jadi selama ini, kami tidak bisa melakukan perbaikan. Hanya pemeliharaan saja. Sehingga jumlahnya tidak berkurang,” ujar Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Yogi Mamesa, kepada wartawan Senin (11/10/2021).

Yogi mengatakan, kerusakan memang tidak parah hanya beberapa onderdil dan software. Hanya saja, karena sparepart tidak ada di Indonesia sehingga menyulitkan untuk pengadaan.

“Ini kan sparepartnya harus didatangkan dari luar. Jadi agak sulit,” terangnya.

Disinggung mengenai target raihan retribusi parkir, Yogi mengatakan pada tahun 2019 dari target Rp72 miliar tercapai Rp8 milyar. Sedangkan untuk tahun 2020, target Rp24 miliar tapi tercapai Rp6 miliar, sedangkan tahun ini dari target Rp24 miliar dan hanya tercapai Rp4 miliar.

“Karena pandemi jadi kami tidak bisa mencapai target sesuai harapan,” terangnya.

Menurut Yogi dari raihan retribusi parkir, 50% berasal dari mesin parkir dan 50% dari parkir manual.

“Memang belum semua warga mau menggunakan mesin saat parkir. Segingga juru parkir bisa membantu warga untuk bertransaksi,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang juru parkir di Jalan Jendral Sudirman, Heru mengatakan, masih ada warga yang tidak mau bertransaksi dengan mesin parkir.

“Ada yang bawa kartu parkir, tapi tidka mau mijit-mijit mesin parkir. Bahkan ada juga yang bayar cash,” katanya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …

Lembang Diterjang Banjir dan Longsor

POPJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Dua kejadian bencana banjir menerjang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan. …