HUT ke-20 GPMB Gelar Seminar Bertajuk Kebhinnekaan Budaya Indonesia Prestasi Literasi Bangsa

SEMINAR: Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) 
menggelar seminar nasional dengan tema Kebhinnekaan Budaya Indonesia, Prestasi Literasi Bangsa dalam rangka memperingati HUT ke-20. (ist)

SEMINAR: Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) menggelar seminar nasional dengan tema Kebhinnekaan Budaya Indonesia, Prestasi Literasi Bangsa dalam rangka memperingati HUT ke-20. (ist)

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (PAPPBB) Perpusnas RI, Adin Bondar, M.Si dalam sambutan menuturkan, adanya isu disrupsi teknologi yang dipercepat karena masalah pandemi Covid-19.


Adin menengarai adanya gejala aliterasi di masyarakat, yaitu sifat makin abai dan acuh dengan lingkungan akibat penggunaan gadget yang makin tinggi selama pandemi.

“Oleh karena itu, GPMB diharapkan menjadi antitesis dari kondisi tersebut dengan berbagai programnya yang bertujuan untuk membentuk masyarakat cerdas, kreatif dan sejahtera,” paparnya.

Baca Juga: SD Negeri dan Swasta Bisa Dapat Buku Gratis, Begini Caranya

Selama 2 hari pelaksanaan, Seminar Nasional GPMB dihadiri 2.000 lebih peserta melalui zoom dan 2.000 lebih dari Youtube Perpustakaan Nasional dan Youtube GPMB. Peserta berasal dari berbagai kalangan antara lain guru/pendidik, dosen/akademisi, pustakawan, peneliti, mahasiswa, pelajar, praktisi, pegiat literasi dan masyarakat luas.

Pembicara berbagai topik pada hari pertama Selasa, 5 Oktober 2021 adalah Ketua Umum GPMB, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra M.A., M.Phil, Dir. Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan: Dr. Restu Gunawan, MHUm, Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum, dan moderator pegiat literasi dari Jawa Barat Maman Suherman.

Baca Juga: Tingkatkan Budaya Literasi, 10.000 Peserta Akan Ikut Rakornas Perpustakaan 2021

Kemudian Pembicara pada hari kedua, Rabu, 6 Oktober 2021 antara lain Sofie Dewayani, PhD, Prof. Dr. Drs. Boerhan Nurgiyantoro, M.Pd., Pendiri Kampung Dongeng Awam Prakoso: Pentingnya Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Minat, Kegemaran dan Budaya Baca Anak. Rahmadiyanti Rusdi, S.Sn: Pendidikan Karakter Melalui Buku Cerita Anak.

Kemudian, Dr. Dirgantara Wicaksono,Ch, CHt, S. Pd,MM, M.Pd: Instrumen Kualitatif Tidak Boleh Mereduksi Makna Literasi Masyarakat, dan ditutup oleh Ketua Umum GPMB, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si dengan moderator pegiat literasi dari Jawa Timur Agustina Dewi Puspita, S.Pd.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …