DPRD dan BNN Kota Bandung Terima Kunjungan dari Kabupaten Banjar dan Palu

DPRD Kota Palu, BNN Kota Palu, DPRD Kabupaten Banjar dan BNN Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Studi Komparatif P4GN ke DPRD Kota Bandung dan BNN Kota Bandung, Senin (4/10/2021). (ist)

DPRD Kota Palu, BNN Kota Palu, DPRD Kabupaten Banjar dan BNN Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Studi Komparatif P4GN ke DPRD Kota Bandung dan BNN Kota Bandung, Senin (4/10/2021). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di tingkat kota atau kabupaten dilakukan oleh perangkat daerah, dan dikoordinasikan oleh perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang kesatuan bangsa dan politik.


Hal itu seperti yang tertera dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019, tentang Fasilitasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika (P4GNPN).

Untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah Kota Palu dan Kabupaten Banjar dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) maka DPRD Kota Palu, BNN Kota Palu, DPRD Kabupaten Banjar dan BNN Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Studi Komparatif P4GN ke DPRD Kota Bandung dan BNN Kota Bandung, Senin (4/10/2021). di kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi No. 30, Bandung.

Baca Juga: BNN Kota Bandung Kolaborasi Lintas Sektor Wujudkan Kotan

Dalam studi komparatif ini disampaikan tentang kewajiban pemerintah daerah memfasilitasi program P4GN oleh Walikota atau Bupati, Camat dan Lurah atau Kepala Desa sesuai dengan Permendagri RI Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GNPN yang meliputi:

• Penyusunan peraturan daerah mengenai Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.
• Sosialisasi.
• Pelaksanaan deteksi dini.
• Pemberdayaan masyarakat.
• Pemetaan wilayah rawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.
• Peningkatan kapasitas pelayanan rehabilitasi medis.
• Peningkatan peran serta dinas terkait dan pihak lain dalam penyelenggaraan kegiatan vokasional.
• Penyediaan data dan informasi mengenai Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Baca Juga: BNN Kota Bandung Gelar Workshop P4GN Dunia Usaha/Lingkungan Swasta

Di Kota Bandung sendiri telah melaksanakan beberapa implementasi Permendagri RI Nomor 12 Tahun 2019, misalnya yaitu, terbitnya Perda Kota Bandung Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GNPN).

Kemudian, terbitnya regulasi tentang P4GNPN di beberapa kecamatan dan kelurahan. Dilaksanakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di beberapa instansi pemerintah, lingkungan pendidikan, lingkungan pekerja swasta dan lingkungan masyarakat tingkat kelurahan.

Baca Juga: BNN Bandung Barat Bekuk Kurir Ganja di Tol Purbaleunyi

Lalu, pelaksanaan deteksi dini melalui tes urin di lingkungan pekerja instansi pemerintah, lingkungan pekerja swasta, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat tingkat kelurahan.

Melaksanakan kegiatan Workshop P4GN Pemberdayaan Masyarakat untuk penggiat anti narkoba di lingkungan pekerja instansi pemerintah, lingkungan pekerja swasta, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat tingkat kelurahan dan melaksanaan pemetaan wilayah rawan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …