Pelawak Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4 C

Qomar divonis menderita kanker usus stadium 4 C (Foto: Abdul Rahman/JawaPos.com)

Qomar divonis menderita kanker usus stadium 4 C (Foto: Abdul Rahman/JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.id- Pelawak Qomar didiagnosa oleh dokter mengalami penyakit kanker usus stadium 4 C. Hal itu diketahuinya setelah tidak bisa buang air besar dan tidak dapat buang angin selama sekitar 1 bulan.


Setelah dilakukan pemeriksaan ke dokter melalui CT Scan dan rontgen, diketahui bahwa ia menderita penyakit kanker ganas yang ada di pencernaan usus besar dan usus halus.

Kanker tersebut ternyata sudah masuk stadium 4 C.

Qomar mengaku kanker usus tersebut ternyata faktor genetik alias bawaan. Ia adalah keturunan dari keluarga yang juga memiliki riwayat kanker usus. Qomar baru mengetahuinya setelah ia mendapat vonis menderita kanker ganas tersebut.

“Ada faktor genetik ternyata setelah ditelusuri ke atas ada. Anak saya juga ada indikasi,” kata Qomar saat ditemui di bilangan Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Akibat penyakitnya tersebut, Qomar sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Ciputra sekitar 2 minggu. Pelawak dari grup Empat Sekawan juga sempat dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang selama 3 minggu.

Sekitar 3 minggu lalu, Qomar menjalani tindakan medis berupa operasi pembuatan stoma supaya bisa buang air besar. Tindakan ini dilakukan sebagai solusi sementara setelah Qomar belum bisa buang hajat lewat dubur.

“Selama satu bulan tidak bisa buang air besar dan buang gas, perut rasanya mau pecah,” kata Qomar.

Dia bersyukur kondisinya kini sudah jauh lebih baik. Hanya saja Qomar harus menjalani kemoterapi selama 6 bulan ke depan.

“Sudah mulai normal cuma tidak boleh makan yang pedas, cuma BAB berubah sistemnya. Kemungkinan setelah 6 bulan akan normal lagi,” tuturnya. (jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …