KPU Gandeng KNPI KBB Sukseskan Pemilu 2024

Penandatanganan kesepakatan KNPI bersama KPU KBB untuk menyukseskan Pemilu mendatang.

Penandatanganan kesepakatan KNPI bersama KPU KBB untuk menyukseskan Pemilu mendatang.

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH- KNPI dan KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) menandatangani kesepakatan untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.


Ketua KNPI KBB, IIP Saripudin menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi muda dalam pemilu nanti.

“Kita menyadari di KNPI itu wadah berhimpunnya pemuda. Tentu ada pemilih baru yang harus disentuh dan KNPI merupakan wadah yang strategis untuk itu (Sosialisasi),” katanya, Jumat (1/10).

Ia menambahkan, pihaknya menjalin kerjasama bersama KPU terkait ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) saat pelaksanaan pemilu nanti.

“Satu saja catatan bagaimana pada pemilu kemarin sulit menyiapkan panitia PPS sampai KPPS dengan syarat minimal SMA. Oleh karenanya itu domainnya ada di pemuda,” jelasnya.

Ia menyebut, berdasarkan data BPS tahun 2018/2019 pada usia 15-30 tahun masyarakat di Kabupaten Bandung Barat berada pada angka 398 orang.

“Artinya jika mengacu pada AD/ART KNPI yang sampai 40 tahun,  hampir 700 sampai 800 ribuan masyarakat yang masuk kriteria pemuda dari total 1,7 juta orang warga KBB,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Bandung Barat, Adi Saputro mengatakan, kerja sama tersebut guna mendukung program KPU dalam suksesi pemilu serentak 2024.

“Program sosialisasi pendidikan pemilih dan pemutahiran data pemilih berkelanjutan. Pertama bahwa KPU itu selalu akan bekerjasama sinergis dengan seluruh stakeholder di KBB,” imbuhnya.

Ia menambahkan, KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda dinilai tepat untuk mensosialisasikan terkait pemilu kepada pemilih pemula.

“Karena KNPI ini wadah berhimpun organisasi pemuda. Dan kami lihat pemuda d KBB ini sangat banyak,” katanya.

Adi menegaskan, bakal bekerjasama dengan KNPI Bandung Barat terkait SDM di penyelenggara tingkat adhoc yang pada pemilu sebelumnya sangat minim.

“Kita membutuhkan pemuda yang kapabilitas dan mempunyai komitmen dalam membangun bangsa dan negara khususnya dalam penyelenggaraan demokrasi,” katanya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …