Oded Intruksikan Disdik Lakukan Tes Swab Acak pada Siswa

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung instruksikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung lakukan tes swab secara acak kepada siswa.


“Jadi kita akan lakukan di 10 persen dari sekolah yang sudah buka di Kota Bandung, jadi sekitar 100 sekolah,” ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial kepada wartawan Jumat (1/10/2021).

Oded mengatakan, hal ini dilakukan menyusul banyak siswa yang terkonfirmasi positif covid-19 setelah mengikuti PTM di sekolah.

“Ini juga merupakan hasil rapat Wakil WaliKota Bandung, Yana Mulyana dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan,” terang Oded.

Jika hasil tes acak itu menunjukan di bawah 1% hasilnya, akan dilakukan tracing. Dia kontak erat dengan siapa.

“Tapi kalau hasilnya 1 sampai 5% itu satu rombongan belajar di tracing jadi sekelas itulah misalkan tapi kalau di atas 5% hasilnya sekolah itu ditutup itu kebijakan dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Menurut Oded, dengan adanya kasus positif covid-19 yang ditemukan di sekolah pihaknya mengingatkan tidak ada kewajiban orang tua untuk mengizinkan anaknya untuk ikut PTM.

“Jadi kalau ada orang tua siswa yang melarang anaknya untuk mengikuti PTM, maka jangan dipaksakan,” jelas Oded.

Oded menjelaskan, Minggu ini Kota Bandung masih ada di zona kuning dengan tingkat kewaspadaan level 3. Meski demikian belum banyak yang mendapatkan relaksasi.
Yang sudah mendapatkan relaksasi selain beberapa tepat wisata, juga kegiatan MICE dan resepsi namun dengan undangan terbatas.

“Jadi, yang membatas bukan prosesnya, tapi jumlah pengunjungnya,” terangnya.

Kota Bandung masih berada di Zona Kuning atau Resiko Rendah (Skor 2.77) Total Konfirmasi : 42.448 (naik 0.98%), Konfirmasi Aktif : 110 (turun 81.36%), Kesembuhan : 40.917 (Naik menyentuh angka 96.39%). Laju Kasus selama 14 hari terakhir adalah 13.3 kasus/hari.

Asesmen situasi Covid-19 per 28 September 2021 bahwa Kota Bandung sudah masuk ke Level 2, namun sesuai Inmendagri 43 Tahun 2021 penyesuaian bagi wilayah Aglomerasi dihitung sebagai satu kesatuan dan melihat variable capaian vaksinasi terendah maka Kota Bandung Masih dinilai pada level 3.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …