Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Bandung Buka Rekrutmen Relawan Nakes

Seorang ibu hamil mengikuti vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Kamis (19/8).FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Seorang ibu hamil mengikuti vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Kamis (19/8).FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung kembali membuka rekrutmen relawan tenaga kesehatan (nakes). Hal tersebut dilakukan untuk percepatan program vaksinasi.


Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara mengatakan, pada rekrutmen awal hanya ada 178 pendaftar sebagai relawan tenaga kesehatan untuk vaksinator. Padahal kuota yang dibutuhkan sebanyak 1.000 orang.

“Jadi masih kekurangan. Kalau dulu dosis vaksinnya sedikit, kalau sekarang ada banyak. Tinggal tenaga kesehatannya kan harus siap. Artinya kita buka ulang pendaftaran untuk vaksinasi yang lebih besar lagi, supaya target 80 persen warga tervaksin bisa segera tercapai,” ujar Akhmad saat ditemui di ruang kerjanya, Soreang, Rabu (29/9/2021).

Selain tenaga kesehatan, ungkap Akhmad, dalam pelaksanaan vaksinasi juga diperlukan tenaga administrasi yang terampil dalam bidang IT. Pihaknya meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bandung untuk mengirimkan pegawainya yang terampil dalam bidang IT. Katanya, sudah ada 122 orang tenaga IT yang berhasil dikumpulkan.

“Jadi ada 178 tenaga kesehatan ditambah 122 orang tenaga IT, kemudian Pak Bupati juga sudah berkoordinasi dengan Fakultas Kedokteran Unpad sehingga mungkin nanti akan dikirim bantuan,” jelasnya.

Adanya rekrutmen ini, Akhmad berharap kebutuhan tenaga kesehatan dapat terpenuhi. Selain itu juga akan ada pemberdayaan puskesmas dan pembentukan 18 sentra vaksin. Sehingga per sentra vaksin minimal bisa menyuntikan 1.500 dosis vaksin per hari.

“Pak Bupati sudah menyiapkan anggarannya dalam APBD belanja tidak terduga. Dana sudah disiapkan sekitar Rp21 miliar buat insentif tenaga kesehatan,” tutur Akhmad.

“Sekarang dananya sudah ada, vaksinnya sudah ada, tinggal tenaganya,” pungkasnya.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …