Wujudkan Ketahanan Keluarga, Wabup Sahrul Gunawan Minta DP2KBP3A Tingkatkan Peran di Lapangan

Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan.

Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung diminta menguatkan lini lapangan, sebagai upaya penguatan ketahanan keluarga.


“Saya mendorong DP2KBP3A untuk terus melakukan upaya pengendalian penduduk dengan memperkuat lini lapangan seperti upaya yang sedang dilakukan melalui kegiatan ini,” ucap Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan saat acara Pertemuan dengan para Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Grand Sunshine, Soreang, Senin (27/9/2021).

Sahrul menyebut, keluarga merupakan pranata sosial pertama dan utama yang mengemban fungsi strategi dalam membekali nilai-nilai kehidupan. Dengan demikian kehidupan keluarga akan ikut menentukan keadaan masyarakat, bangsa dan negara.

“Hal ini dapat tercapai apabila setiap keluarga dapat merencanakan serta mewujudkan kondisi keluarga yang baik dan sejahtera,” papar Aa sapaan akrabnya.

Baca Juga: Wabup Sahrul Gunawan Ajak Artis Ikut Kembangkan Si Jalak Harupat

Menurutnya, secara umum permasalahan kependudukan mencakup beberapa aspek yaitu jumlah penduduk yang relatif, laju pertumbuhan penduduk, angka kelahiran, masalah angka kematian ibu dan anak masih tinggi dan masalah mobilitas penduduk yang terkait dengan sebaran penduduk, urbanisasi dan transmigrasi.

“Menyikapi hal tersebut, tentunya kita harus berkolaborasi dalam mengidentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program kependudukan dan pembangunan keluarga,” ungkapnya.

Baca Juga: Perbaiki Data Penerima Bansos Covid-19, Sahrul Gunawan Akan Panggil Dinsos dan Disdukcapil 

Kemudian, lanjutnya, yang harus dilakukan juga adalah menyosialisasikan arah dan kebijakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, mendorong terciptanya komitmen operasional dari mitra-mitra kerja terkait dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Serta mengoptimalkan kinerja, tenaga penggerak desa/ kelurahan/ institusi masyarakat pedesaan dalam membantu tugas penyuluh keluarga berencana yang sudah berkurang, pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …

Lembang Diterjang Banjir dan Longsor

POPJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Dua kejadian bencana banjir menerjang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan. …

Waspada Gelombang Ketiga Covid-19

POJOKBANDUNG.com- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 yang terjadi pada Natal …