Ciptakan Generasi Masa Depan Unggul, Pemkab Bandung Gaungkan Program PIKR

Ketua TP.PKK Kabupaten Bandung, Hj.Emma Dety Dadang Supriatna saat memberi keterangan kepada wartawan. (ist)

Ketua TP.PKK Kabupaten Bandung, Hj.Emma Dety Dadang Supriatna saat memberi keterangan kepada wartawan. (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah menghadirkan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) di berbagai wilayah, tak terkecuali di Kabupaten Bandung. PIKR bisa dijadikan media kampanye guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga untuk Generasi Berencana (GenRe).


Ketua TP.PKK Kabupaten Bandung, Hj.Emma Dety Dadang Supriatna sangat mengapresiasi hadirnya PIKR sebagai media kampanye GenRe di kalangan remaja.

Menurutnya dalam melakukan pedekatan untuk memberikan pemahaman pada remaja, memang harus disiapkan media yang pas, menyenangkan tanpa menggurui. Hal itu bisa menumbuhkan semangat dan motivasi untuk ikut membangun bangsanya.

“Para remaja ini permata bangsa, potensi mereka sangat besar dalam pembangunan masa depan, hadirnya PIKR ini menjadi media terendiri, dari remaja untuk remaja tentu saja dengan bimbingan para orang tua serta pemerintah setempat,” ucap Emma pada agenda silaturahmi bersama kader, beberapa waktu lalu.

Dia mencontohkan salah satu PIKR yang dinilai sudah banyak berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Bandung, yakni PIKR Desa Loa Kecamatan Paseh, khususnya terhadap permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Baca Juga: Bupati Dadang Supriatna Minta Kader PKK Bantu Capai Target Vaksinasi 

“Kali ini upaya preventif kita sokong melalui PIKR Desa Loa Kecamatan Paseh. Dengan melakukan festival kabaret bertema three end, sosialisasi melalui media kesenian dan digital yang melibatkan remaja dari berbagai Kecamatan,” imbuhnya.

Ia berharap, selain menjadi aktivitas positif bagi remaja, agenda yang digagas PIKR Desa Loa tersebut bisa menjadi motivasi wilayah lain untuk mengikutinya, sebagai ajang kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak di era digital saat ini.

Baca Juga: TP PKK Kabupaten Bandung Komitmen Perkuat Pembangunan Keluarga Sejahtera

Sementara itu, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bandung, H. Muhamad Hairun menjelaskan, hadirnya PIKR di kalangan remaja bertujuan untuk memberikan informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawianan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR.

“Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja, untuk mencapai Tegar Remaja dalam rangka tegar Keluarga guna mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera,” tandasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …