Bandung Barat Gelontorkan Bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Miliar

ILUSTRASI UMKM

ILUSTRASI UMKM

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pemkab Bandung Barat menggelontorkan dana Rp2,4 milliar bagi pelaku UMKM. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah mendongkrak ekonomi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.


“Kalau total dari dinas koperasi sendiri kemarin, laporan dari bu Sekdis (sekretaris dinas) secara keseluruhan Rp2,4 M,” katanya saat ditemui, Selasa (28/9).

Hengky mengatakan, potensi ekonomi pelaku UMKM di Bandung Barat cukup menjanjikan. Geliat ekonomi tersebut tentunya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kondisi pandemi ini kan banyak juga yang di PHK, memang harus perlu kreativitas dan bisa beradaptasi dengan situasi,” katanya.

Hengky berharap, pola pikir generasi muda Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki jiwa enterpreneur. Dengan begitu, bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang lain.

“Harapan kita sih anak muda di KBB mindsetnya jangan hanya pegawai kantoran, tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas (Sekdis) Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat, Wewen Surwenda mengatakan, bantuan tersebut merupakan dari APBD Tahun 2021.

“Total anggarannya hampir Rp2,5 miliar bantuan tersebut diperuntukkan bagi 59 kelompok UMKM Bandung Barat yang terdiri dari Dekranasda, LPK, Karang Taruna, lembaga yang sifatnya nirlaba, termasuk Forum UMKM yang mempunyai tupoksi pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, kelompok UMKM yang mendapat bantuan tersebut harus berorientasi pada pemulihan ekonomi pelaku UMKM di Bandung Barat.

“Minimal kelembagaan kelompoknya telah memiliki legalitas, seperti Dekranasda dari Ketua Dekranasda Provinsi, Forum UMKM dari Dinas Koperasi dan UKM, Yayasan dari Kemenkumham, dan kelompok lain yang sifatnya nirlaba yang legalitasnya dari OPD (Camat),” bebernya.

Ia menyebut, kelompok yang mengajukan bantuan ini telah melalui berbagai tahapan yang cukup ketat, mulai dari tahap verifikasi secara administrasi dan lapangan, hingga terpilih UMKM yang telah memenuhi persyaratan.

“Nantinya UMKM Bandung Barat yang telah memenuhi kriteria akan diberikan surat keputusan (SK) oleh pak Plt Bupati,” terangnya.

Ia menegaskan, pihaknya pun telah menyiapkan berkas pertanggungjawaban yang telah dibubuhi materai yang diketahui camat hingga kepala desa.

“Dengan begitu, para pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut bisa mempertanggungjawabkan sesuai dengan apa yang telah mereka ajukan,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …