Pantang Minta Bantuan, Begini Cerita Pensiunan Polisi Terpaksa Jadi Manusia Silver Demi Cari Nafkah

Utusan Kapolda Jateng menemui Seorang pensiunan polisi di Kota Semarang, Aipda (purn) Agus Dartono (61) di rumahnya, yang terpaksa menjadi

Utusan Kapolda Jateng menemui Seorang pensiunan polisi di Kota Semarang, Aipda (purn) Agus Dartono (61) di rumahnya, yang terpaksa menjadi "manusia silver" untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (ist)

POJOKBANDUNG.com – Tak terbayangkan di benak Agus Dartono. Ia harus mencari nafkah sehari-hari dengan menjadi manusia silver setelah pensiun sebagai anggota polisi.


Menjadi manusia silver di Semarang, Jawa Tengah, terpaksa dipilih pensiunan polisi dengan pangkat terakhir Aipda ini untuk mencari nafkah.

Kisah pria 61 tahun ini pun viral di media sosial setelah ia terjaring dalam operasi yang dilakukan Satpol PP Kota Semarang.

“Enggak punya uang. Cari uang (jadi manusia silever) terus dapet Rp20 ribu malah kepegang Satpol PP. Saya bilang bekas anggota polisi,” kata Agus.

Setelah menjalani pemeriksaan, Agus pun kemudian dilepaskan.
Video viral kisah pensiunan polisi jadi manusia silver ini kemudian diketahui Polrestabes Semarang yang mendatangi rumahnya untuk diminta penjelasan.

“Beliau mengakui pantang menyampaikan apa yang dirasa kekurangan beliau selama ini. Beliau ingin tanggung sendiri,” ungkap Wakapolrestabes Semarang, I.G.A. Dwi Perbawa Nugraha.

Karena itu, pihaknya memastikan akan memberikan pekerjaan baru kepada Agus agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Atensi untuk Agus yang terakhir berdinas di Poslantas Tembalang itu juga datang dari Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kabidhumas Kombes M Iqbal Alqudusy menyatakan, melalui stafnya, Kapolda memberikan bantuan uang dan sembako bagi Agus.

“Video viral sekitar Sabtu (25/9/2021) pukul 11.00, sekitar pukul 12.00 Kapolda langsung meluncurkan bantuan,” ungkap Iqbal, Minggu (26/9/2021).

“Melalui salah seorang staf Polda, AKBP Purbaya, beliau langsung menyerahkan bantuan uang yang langsung diterima di rumah Pak Agus,” sambungnya.

Iqbal menjelaskan, Agus diketahui tinggal bersama istrinya di kawasan Candisari, Semarang. Menjadi manusia silver, kata Iqbal, dipilih Agus lantaran memang terdesak kebutuhan ekonomi.

Akan tetapi, Agus juga pantang meminta bantuan kerabat atau rekannya. Karena itu, ia memutuskan menjadi manusia silver.

Ditambahkan Iqbal, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar juga memberikan bantuan dan menjanjikan pekerjaan.

Rencananya, hari ini, Senin (27/9/2021) Agus akan bertemu langsung dengan Kapolrestabes Semarang.

“Kemarin Pak Agus juga sudah menghadap Wakapolrestabes dan langsung menerima bantuan dari Kapolrestabes serta juga bantuan hasil iuran rekan-rekan anggota,” tandas Iqbal.

(pojoksatu)

Loading...

loading...

Feeds

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …