Warga Disabilitas Masuk Jadi Sasaran Target Percepatan Vaksinasi Covid-19

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mengejar herd immunity (kekebalan kelompok). Warga disabilitas pun masuk menjadi sasaran.


Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan percepatan vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat sudah menyentuh 311 ribu dosis per hari. Ada beberapa daerah di Jawa Barat yang realisasi vaksinasinya sudah sangat tinggi.

Daerah tersebut adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bogor, dan Kota Banjar dan kabupaten Sumedang. Meski demikian, ia mengakui ada pula daerah yang masih harus mengejar target realisasi harian.

“Tiga kabupaten yang kalau tidak ditingkatkan vaksinasinya maka akan selesai di tahun 2023. Di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Ciamis,” kata dia di sela pelaksanaan vaksinasi di SLB Negeri Cicendo, Kota Bandung, Sabtu (25/9)

Untuk mengatasi kendala tersebut, ia berencana menugaskan bidan maupun perawat yang membuka praktik di luar jam kerja, atau jam 16.00 ke atas untuk turut menyuntikan vaksin kepada masyarakat Jabar.

“Jadi kalau dihitung ada 12.500 bidan praktik yang ada di seluruh Jabar, kalau kita bebani di sekitar 30 orang per hari yang mereka sanggupi, otomatis sudah menimbulkan peningkatan harian,” ucap Dedi.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar itu mengatakan warga penyandang disabilitas menjadi salah satu fokus target penerima vaksin Covid-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memanfaatkan kuota vaksin sinopharm yang diberikan pemerintah Saudi Arabia. Beberapa sentra vaksinasi untuk warga disabilitas dibuat di lokasi khusus. Di Kota Bandung, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cicendo dipilih karena dianggap mudah dijangkau. Selain itu, pola yang digunakan adalah mendatangi rumah tempat warga disabilitas tinggal.

Vaksin yang digunakan dari Raja Arab Saudi itu berjenis Sinopharm. Indonesia mendapat hibah yang penyalurannya diberikan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

“Jawa Barat mendapatkan 121 ribu dosis vaksin yang artinya untuk 61 ribu warga disabilitas. Sedangkan jumlah disabilitas di sekitar 30 ribu. Jumlah lebihnya digunakan untuk pendamping (warga disabilitas),” ucap dia.

(muh/arh)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …