BNN Kota Bandung Kolaborasi Lintas Sektor Wujudkan Kotan

BNN Kota Bandung, menggelar Rapat Kerja Program  Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba dengan sejumlah pimpinan Ormas dan LSM Se- Kota Bandung, Kamis (23/9/2021). (ist)

BNN Kota Bandung, menggelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba dengan sejumlah pimpinan Ormas dan LSM Se- Kota Bandung, Kamis (23/9/2021). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam rangka mewujudkan Kota Tanggap Ancamam Bahaya Narkoba (Kotan), BNN Kota Bandung, menggelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba dengan sejumlah pimpinan Ormas dan LSM Se- Kota Bandung. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Citarum, Kota Bandung Jawa Barat, Kamis (23/9/2021).


Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan yang secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan tersebut mengungkapkan, untuk membangun Kotan perlu keterlibatan semua pihak, baik itu DPRD, pemerintahan Kota Bandung, BNN, kepolisian serta seluruh elemen masyarakat.

“Perda No. 5 Tahun 2021, tentang rencana aksi pelaksanaan P4GN, menunjukkan adanya keseriusan pemerintahan Kota Bandung dalam menanggulangi permasalahan narkoba di Kota Bandung,” ujarnya.

Perda mengenai pelaksanaan P4GN itu, kata Tedy, harus terus diupayakan sampai ke level paling bawah, mulai dari tingkat RW, RT hingga masyarakat luas.

“Semuanya harus diberikan bekal dan pengetahuan mengenai pentingnya mereka memiliki ketahanan diri dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Baca Juga: BNN Kota Bandung Gelar Workshop P4GN Dunia Usaha/Lingkungan Swasta

Untuk mewujudkan semua itu, lanjut Tedy, DPRD akan terus melakukan pendampingan terhadap pemerintahan Kota Bandung, agar perda tersebut benar-benar berjalan sesuai dengan harapan.

“Program P4GN harus terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas, mandiri, berkualitas dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Tedy mengapresi langkah BNN Kota Bandung yang telah menggelar kegiatan rapat kerja dengan sejumlah ormas.

“Ini penting sekali, karena sebagian besar dari mereka merupakan tokoh, yang sehari-hari berhubungan dengan masyarakat. Apalagi hampir 100% ormas di Kota Bandung, hadir dalam kegiatan itu,” tuturnya.

Baca Juga: BNN Bandung Barat Bekuk Kurir Ganja di Tol Purbaleunyi

Ketua Pelaksana, Saras Putri Utami yang juga sebagai Subkor P2M BNN Kota Bandung menyebutkan, tujuan pelaksanaan rapat kerja ini guna mendorong terwujudnya Kotan dengan memberdayakan keorganisasian yang ada di lingkungan masyarakat, seperti ormas dan LSM.

“Kami berharap, dalam pelaksanaan P4GN mereka dapat berpartisipasi secara mandiri dengan diukur melalui IKP (Indeks Kemandirian Partisipasi) dan IKOTAN (Indeks Kota Tanggap Ancaman Narkoba),” imbuhnya.

Saras menuturkan, agar terwujudnya Kotan tentu diperlukan ketahanan masyarakat yang merupakan salah satu variable Kotan serta kemandirian partisipasi P4GN di lingkungan organisasi kemasyarakatan yang menjadi salah satu indikatornya.

Baca Juga: TNI AD Gandeng BNN Kota Bandung Tes Urine 40 Prajurit Gupusmu I

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Deni Yus Danial, dalam paparannya mengungkapkan, negara Indonesia sedang darurat narkoba. Hasil survei LIPI dan BNN RI tahun 2019, mencatat hampir 4,5 juta warga Indonesia terpapar dalam penyalahgunaan narkoba.

Hal yang sangat menyedihkan, dimana Jawa Barat merupakan peringkat teratas dalam penyalahgunaan narkotika dengan harum suntik, yakni mencapai 20 persennya atau sekitar 13 ribu pengguna jarum sutik. Ini sangat bertolak belakang dengan slogan Jawa Barat juara lahir batin.

“Kita ternyata juara pengguna jarum suntik,” canda Deni.

“Ada dua ancaman besar di hadapan kita ini. Pertama, penyalahgunaan dan kedua, peredaran. Keduanya harus mendapatkan penanganan secara serius. Jadi tidak hanya pemberantasannya saja, akan tetapi pencegahannya harus kita tangani secara bersamaan,” sambungnya.

Pelaksanaan P4GN, melibatkan seluruh komponen bangsa, termasuk diantarnya peran serta sejumlah ormas dan LSM. Rapat kerja ini, bertujuan agar mereka dapat menghadirkan P4GN, baik di lingkungan ormasnya sendiri maupun di luar organisasi.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …