Kena PHK, Tenang! Ada Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan dari BPJAMSOSTEK

ILUSTRASI: BPJAMSOSTEK mengeluarkan program jaminan kehilangan pekerjaan bagi peserta yang bekerja baik di perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan swasta, buruh harian lepas, hingga karyawan toko skala kecil dan mikro yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

ILUSTRASI: BPJAMSOSTEK mengeluarkan program jaminan kehilangan pekerjaan bagi peserta yang bekerja baik di perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan swasta, buruh harian lepas, hingga karyawan toko skala kecil dan mikro yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terhitung mulai bulan Februari 2023, semua peserta BPJAMSOSTEK yang bekerja baik di perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan swasta, buruh harian lepas, hingga karyawan toko skala kecil dan mikro yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akan mendapatkan jaminan kehilangan pekerjaan.


“Jaminan kehilangan pekerjaan ini diberikan dalam bentuk bantuan uang tunai, pelatihan dan info pasar kerja,” ucap Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Bandung Lodaya, Dewi Mulya Sari.

Adapun persyaratan tenaga kerja yang menerima bantuan JKP tersebut yaitu, WNI yang kena PHK dan belum mencapai usia 54 tahun. Bekerja pada pemberi kerja atau badan usaha skala usaha menengah dan besar yang sudah mengikuti 4 program (JKK, JKM, JHT dan JP) atau bekerja pada pemberi kerja atau badan usaha skala kecil dan mikro dengan minimal mengikuti 3 program (JKK, JKM dan JHT).

Kemudian, telah menjadi peserta program JKP minimal 12 bulan dan tenaga Kerja harus didaftarkan perusahaannya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Kami berharap program Jaminan Kehilangan Pekerjaan ini seluruh peserta BPJAMSOSTEK yang kehilangan pekerjaan dapat mempertahankan derajat kehidupan yang layak dan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi risiko akibat pemutusan hubungan kerja,” jelasnya.

Kata Dewi, demi terselenggaranya program jaminan kehilangan pekerjaan dengan optimal, pihaknya membutuhkan kerjasama dari perusahaan kepesertaan Bandung Lodaya untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan untuk kelengkapan realisasi program JKP ini.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …

Lembang Diterjang Banjir dan Longsor

POPJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Dua kejadian bencana banjir menerjang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan. …