Hadapi Perubahan dan Tantangan Global, Apindo Jabar: Pengusaha Harus Punya Inovasi

Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov) Apindo Jabar XX, di Kota Bandung Senin, (20/9/2021). (ist)

Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov) Apindo Jabar XX, di Kota Bandung Senin, (20/9/2021). (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pandemi Covid-19 telah memukul sejumlah sektor ekonomi. Dunia usaha mengalami perubahan dengan cepat dan tantangan secara global. Para pelaku bisnis dituntut untuk kreatif agar bisa bertahan dan bersaing.


Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat, Ning Wahyu Astutik. Menurutnya, untuk memilki kreatifitas yang kuat bahkan dapat menembus batas konvensional untuk bertahan, bersaing serta berkembang di masa pandemi Covid-19, pengusaha harus berinovasi tanpa henti.

“Tentunya inovasi ini didukung secara solid oleh pemerintah dan pekerja yang kemudian akan menghasilkan pengusaha yang kuat,” ucap Ning pada Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov) Apindo Jabar XX, di Kota Bandung Senin, (20/9/2021).

Ning menyadari, potensi populasi Jabar sangat luar biasa dan menjadi basis produksi di Indonesia. Bahkan, dapat menjadi penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ekonomi yang dijalankan oleh pengusaha bermental kuat akan membuat Jabar menjadi provinsi yang hebat. Apalagi Jabar merupakan basis produksi yang akan menjadi motor utama bagi pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tegas Ning.

Lebih jauh dari itu, sambung Ning, kondisi perubahan akibat pandemi Covid-19 harus disikapi secara serius oleh para pengusaha. Ia mengutip teori Charles Darwin, bahwa adaptasi terhadap perubahan merupakan kunci untuk bertahan hidup, bukan kekuatan ataupun kelihaian.

Baca Juga: Apindo Tolak Rekomendasi Upah, Ujian Emil di Sektor Industri

“Terinspirasi dari konsep tersebut, pengusaha harus menjadi pribadi yang mampu berjalan dalam harmoni yang indah bersama perubahan, bahkan sedapat mungkin menjadi pelaku perubahan itu sendiri,” paparnya.

Dengan semangat Jabar untuk Jabar, Jabar untuk Indonesia dan Jabar untuk Dunia, para pengusaha akan memiliki pola pikir global dan tindakan lokal untuk membuat provinsi ini menjadi yang terdepan dalam konteks positif.

Baca Juga: Terpuruk Gegara Pandemi Covid-19, Jabar-Bali Kolaborasi Pulihkan Ekonomi UMKM

Kegiatan Rakerkonprov XX yang mengambil tema “Pengusaha Kuat, Jabar Hebat, Indonesia Pesat” ini selain menjadi ajang silaturrahmi bagi para pengusaha yang tergabung dalam keluarga besar DPP APINDO Jabar, juga untuk menghasilkan langkah konsolidasi, koordinasi, kolaborasi dan eksekusi yang solid, terkendali, terukur serta tepat sasaran.

Dalam rapat yang digelar secara daring maupun luring, diikuti pengurus inti DPP APINDO Jabar dan 27 pengurus APINDO kab/kota. Rapat dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPN APINDO Haryadi Budi Santoso Sukamdani, dan diisi dialog interaktif bersama pengusaha nasional Enggartiasto Lukita dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …