Peserta CPNS yang Positif Covid 19 Akan Dijadwalkan Tes Ulang

ILUSTRASI: Sejumlah pelamar CPNS tahun 2019 saat melakukan pendaftaran sebelum memasuki ruang ujian. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

ILUSTRASI: Sejumlah pelamar CPNS tahun 2019 saat melakukan pendaftaran sebelum memasuki ruang ujian. (FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintahan Kabupaten Bandung 2021 mulai memasuki tahapan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) sejak Jumat (17/9) sampai Kamis (23/9) bertempat di Telkom Universitas.


Syarat wajib yang harus dibawa oleh pelamar CPNS 2021 adalah surat swab tes atau PCR tes yang menunjukkan hasil negatif. Namun bagi peserta yang dinyatakan positif Covid 19 pada waktu ujian, tidak perlu khawatir karena bisa melakukan penjadwalan ulang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung, Wawan A Ridwan meminta pelamar CPNS, yang dinyatakan positif Covid 19 pada saat hari ujian, untuk tidak perlu khawatir. Pasalnya, pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang sampai masa kesembuhan yang bersangkutan.

“Jadi jangan khawatir kalau misalnya saat tes dinyatakan positif, kita akan menjadwal ulang untuk tes SKD-nya,” ujar Wawan saat mengisi acara Ngawangkong Bari Ngopi di Soreang, Jumat (17/9).

Untuk penjadwalan ulangnya, Wawan menjelaskan, pelamar terlebih dahulu melaporkan kondisinya melalui helpdesk BKPSDM ke nomor 0888 678 2021 , website, media sosial atau ke kantor BPKPSDM.

Untuk CPNS Pemerintahan Kabupaten Bandung Tahun 2021 ini tersedia kuota untuk 492 pelamar, yang terdiri dari 394 lowongan tenaga kesehatan dan 98 tenaga teknis. Berdasarkan hasil seleksi administrasi, ada 9.723 pelamar CPNS dan PPPK yang maju ke tahap SKD.

“Kabupaten Bandung merupakan wilayah kota/kabupaten yang banyak diminati untuk tes CPNS, jadi 10 besar di kementerian lembaga yang ada di wilayah Indonesia, peminatnya hampir 20 ribu,” tutur Wawan.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Formasi Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung, Lilis Rostini mengatakan pada seleksi CPNS 2021 ini ada beberapa berkas persyaratan yang harus dibawa oleh pelamar.

Seperti sertifikat vaksin pertama, hasil swab antigen dan PCR, deklarasi sehat, KTP, kartu peserta dan pensil. Kemudian, para pelamar harus menggunakan masker medis dan kain.

“Setiap hari ada tiga sesi kecuali Jumat hanya dua sesi, peserta wajib hadir 90 menit sebelum tes. Teknisnya peserta datang kemudian cek berkas lalu registrasi, proses registrasi menggunakan face recognition,” ungkap Lilis.

Selanjutnya, sebelum memasuki ruang ujian juga akan ada proses pengukuran suhu badan. Bagi pelamar yang bersuhu badan 37,3 derajat atau lebih, kata Lilis, akan diarahkan ke tim kesehatan untuk dilakukan pengecekan ulang. Jika setelah diberi jeda namun ternyata suhu tubuhnya masih tinggi, maka pelamar harus mengikuti ujian di ruang khusus dengan petugas yang menggunakan APD lengkap.

“Lokasi ujian disesuaikan dengan domisili peserta. Kalau di Telkom University peserta CPNS ada 8.422 orang dan peserta PPPK non guru itu ada 140 orang. Sisanya tersebar di Kanreg UPT BKN Aceh sampai Sorong,” pungkas Lilis. (fik)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …