Perluas Cakupan, Kolaborasi Sesko TNI AL-Unpar Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

DIVAKSIN: Seorang pelajar sedang divaksin Covid-19 di kampus Universitas Parahyangan (Unpar) Kota Bandung, Jumat (17/9).

DIVAKSIN: Seorang pelajar sedang divaksin Covid-19 di kampus Universitas Parahyangan (Unpar) Kota Bandung, Jumat (17/9).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah gencar merealisasikan program vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Berbagai pihak dilibatkan dalam program tersebut sebagai upaya percepatan pembentukan herd immunity.


Seperti halnya kolaborasi antara Sesko TNI AL dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan (Unpar) yang menggelar
vaksinasi Covid-19 dengan menyasar ribuan warga usia 12 tahun ke atas.

Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI, Tunggul Suropati mengatakan, kegiatan vaksinasi massal ini bertujuan mempercepat pembentukan herd immunity.

“Ini mandat dari Presiden Joko Widodo untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19,” ucapnya usai meninjau vaksinasi Covid-19, Jumat (17/9/2021).

Hingga saat ini Sesko TNI AL sudah menyelenggarakan acara serupa di berbagai daerah dengan pola kerjasama dengan sejumlah pihak. Seperti halnya di Kota Bandung yang berkolaborasi dengan lembaga pendidikan, Unpar.

“Kami diberikan kesempatan lebih banyak untuk bisa melaksanakan vaksin. Sejauh ini, kami Angkatan Laut sudah menyuntikkan dosis vaksin sebanyak 1 juta lebih mulai dari masyarakat umum hingga nelayan,” paparnya.

Ia melanjutkan, kegiatan vaksinasi Covid-19 massal ini juga sebagai upaya persiapan dari persiapan perluasan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Soal target sasaran untuk vaksinasi di Unpar sebanyak 3.500 orang.

Baca Juga: Jabar Percepat Vaksinasi Covid-19, Emil: Jadi Tertinggi Dibandingkan Provinsi Lain

“Target kami bisa menyasar 3.500 orang penerima dosis I dan II,” jelasnya.

“Jadi vaksinasi yang diadakan angkatan laut selain di perguruan tinggi, anak SMP dan SMA usia 12 sampai 17 tahun, termasuk masyarakat nelayan pesisir pantai. Kita melaksanakan perintah program Presiden dalam hal ini kepada panglima TNI kemudian KSAL dan yang lebih spesifik adalah kepada kami,” sambungnya.

Baca Juga: Kejar Target Capaian, Jabar Inisiasi Vaksinasi Berbasis Bidan Desa

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unpar, Samuel Hutabarat mengatakan, vaksinasi massal ini merupakan tanggung jawab bersama untuk mendongkrak target vaksinasi.

“Sasarannya tak hanya dari lingkungan Unpar saja tapi seluruh masyarakat, mulai dari usia 12 tahun ke atas,” terangnya.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, pihaknya optimistis target membentuk herd immunity di kota kembang bisa tercapai dengan beragam pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai 348 Ribu Dosis dalam 10 Hari

Kata Yana, per Kamis 16 September 2021 dosis pertama yang sudah diberikan kurang lebih 1,45 juta jiwa atau setara dengan 75 persen dari target. Kemudian untuk dosis kedua sudah diberikan kepada 950 ribu jiwa atau setara dengan 49 persen.

“Target Pemkot Bandung untuk mencapai herd immunity yaitu bisa menyasar 1,9 juta jiwa warga. Dengan percepatan vaksinasi masif seperti kami optimis akhir tahun 2021 target 100 persen pemberian vaksin kepada 1,9 juta bisa tercapai,” tandasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …

Mars pun ”Pindah” ke Gurun Israel

POJOKBANDUNG.com- BAGAIMANA rasanya tinggal di Planet Mars? Enam astronot asal Austria, Jerman, Israel, Belanda, Portugal, dan Spanyol ini mungkin bisa …