Industri Digital Kreatif Terus Berkembang, Pemkot Cimahi Lakukan Ini

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya mempertahankan gerakan start up digital di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, sektor ekonomi berbasis teknologi tersebut cukup menjanjikan.


Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, hingga saat ini geliat bisnis startup di wilayahnya terus mengalami peningkatan jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Program mekerspace digital kreatif yang semula hanya pada skoop yang kecil dengan penghasilan 100-500 dollar perbulan sekarang menjadi 8.000-10.000 dollar perbulan,” katanya saat ditemui Radar Bandung, Jumat (17/9/2021).

Ia menambahkan, program inkubasi yang dilakukan sejak 2016 lalu hingga saat ini mendampingi sebanyak 56 start up yang terdiri dari 46 pelaku animasi dan 5 pelaku microstock.

“Kota Cimahi juga berhasil menghadirkan 25 tenang outwall yang saat ini berkantor di Gedung BITC yang telah merekrut tenaga kerja serta menghiasi omzet lebih dari Rp45 milliar,” katanya.

Ngatiyana menyebut, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait program 1.000 start up di Kota Cimahi.

“Jadi sekarang ini para generasi muda yakni kaum millenial didorong untuk menjadi pelaku usaha bisnis start up digital,” katanya.

Ia menegaskan, kendati start up digital menjadi salahsatu yang terdampak pandemi Covid-19, namun geliat bisnis digital tersebut masih bertahan dan diharapkan meningkat di masa yang akan datang.

“Walaupun ada dampak dari Covid-19 ini, tapi alhamdulilah di Kota Cimahi masih bertahan karena masih banyak yang berbisnis secara online,” katanya.

Untuk kedepan, kata Ngatiyana, secara Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kota Cimahi cukup berpotensi mendongkrak potensi bisnis di bidang start up ini.

“SDM Kota Cimahi mumpuni, apalagi generasi millenial akan terus kita dorong melalui program 1000 start up,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …