Jabar Percepat Vaksinasi Covid-19, Emil: Jadi Tertinggi Dibandingkan Provinsi Lain

ILUSTRASI: Salah seorang peserta sedang divaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Rabu (25/8/2021).

ILUSTRASI: Salah seorang peserta sedang divaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Rabu (25/8/2021).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 terhadap warga Jawa Barat terus dilakukan. Berdasarkan data Pemprov Jabar, hingga tanggal 12 September 2021 lalu, kecepatan vaksinasi harian rata-rata berada di angka 268.697 dosis per hari.


Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, dengan capaian itu proses vaksinasi Jabar menjadi tertinggi dibandingkan provinsi lain. Ia pun menegaskan, sistem yang dimiliki Jabar sudah siap untuk menyuntikkan vaksin dua kali lipat dari posisi rata-rata harian saat ini.

“Kecepatan harian kami sudah tertinggi sekitar 260.000 dan sebenarnya sistem siap untuk pakai dua kali lipat jika vaksinnya memadai,” kata pria yang kerap disapa Emil dalam pernyataannya, ditulis Radar Bandung, Rabu (15/9/2021).

Secara keseluruhan, Emil melanjutkan, Jabar sudah menyuntikkan 18 juta dosis vaksin kepada warga Jabar. Ia berharap agar pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat ke Provinsi Jawa Barat bisa ditambah lagi.

Dengan begitu, katanya, target 37 juta masyarakat yang disuntik vaksin untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di Desember 2021 ini bisa tercapai.

“Kemudian juga kami masih memohon mudah-mudahan target 15 juta vaksin per bulan sampai Desember tercapai 37 juta warga Jawa Barat itu mohon jadi pengertian,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 102 ribu tenaga kesehatan di Jawa Barat dikabarkan telah menerima vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster. Jumlah tersebut sekitar 60 persen dari 180 tenaga kesehatan (nakes) lainnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, penyuntikan vaksin booster ditargetkan akan selesai pada Pada September ini.

“Jumlah nakes yang diberikan booster itu sekitar 102 ribu dari total 180 ribu hampir 60 persen dan diharapkan sekitar September 100 persen booster vaksin nakes sudah terlaksanakan,” pungkasnya.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds