Bioskop di Bandung Kembali Dibuka, yang Ingin Nonton Ini Syaratnya

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan izin bioskop untuk beroperasi. Hal ini berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung (Perwal) nomor 96 tahun 2021 yang ditandatangani Wali Kota Bandung Oded M Danial. Aturan khusus tentang bioskop ini tertuang dalam Pasal 11 ayat ke-13.


Dalam Perwal tersebut tertuang beberapa kebijakan baru yang harus dipatuhi pengelola bioskop saat mulai beroperasi. Salah satunya adalah pengelola bioskop wajib melengkapi dengan fasilitas PeduliLindungi yang nantinya wajib digunakan oleh pengunjung saat masuk ke area bioskop.

Selain itu, kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 50 persen dari total kapasitas. Anak usia di bawah 12 tahun masih dilarang masuk ke bioskop. Aktivitas makan dan minum juga dilarang selama berada di area bioskop. Pengelola bioskop wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Edward Parlindungan mengonfirmasi kebenaran pembukaan bioskop di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Bandung. Menurutnya, pengelola wajib mematuhi aturan yang tertuang dalam Perwal.

“Ya sesuai dengan Perwal, sudah diperbolehkan. Tapi ada persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Edward dihubungi, Rabu (15/9/2021).

Kata Edward, terdapat dua kategori bioskop yang bisa buka. Keduanya adalah bioskop yang memiliki fasilitas QR Code atau kode batang PeduliLindungi dan mendapat rekomendasi dari Kemenparekraf.

“Kalau saya lihat suratnya dari Kemenparekraf yang saya tadi baca, semua bioskop di Bandung sudah termasuk,” sambungnya.

Di Bandung sendiri ada belasan bioskop yang beroperasi. Bioskop tersebut terdiri dari tujuh bioskop kategori ‘Twenty One’, enam kategori CGV dan satu kategori sinepolis.

“Kalau mereka menyatakan sudah siap dengan prokes. QR Code-nya juga mereka sudah punya. Tadi saya sudah komunikasi,” tuturnya.

Sementara itu, Regional Manager Bioskop CGV Kota Bandung Egie Wisaksono menyambut baik relaksasi ini. Pembukaan bioskop menjadi angin segar bagi pelaku usaha setelah setahun lebih tidak beroperasi.

“Persiapan untuk itu (pembukaan) sudah dilakukan. Intinya kita ikuti anjuran pemerintah, masuk CGV harus ada sertifikat PeduliLindungi. Minimal harus 2 kali vaksin yang boleh masuk,” ujar Egie dihubungi.

Egie mengungkapkan, pengunjung sudah bisa mengunjungi bioskop mulai hari ini dengan ketentuan yang berlaku. Pihaknya tengah melakukan persiapan termasuk menyesuaikan aturan kapasitas 50 persen. Konsep ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, CGV pun memastikan karyawan sudah sepenuhnya mendapatkan vaksin.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds