Begini Respon Pemkot Bandung Soal Mural Kritikan dan Dibukanya Ruang Publik di Masa PPKM

Walikota Bandung Oded M Danial

Walikota Bandung Oded M Danial

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M Danial merespon ihwal viralnya aksi vandalisme berbau kritikan kepada pemerintah di ruang publik.


“Kami mengimbau agar aksi corat-coret itu diarahkan atau disalurkan di gang gang saja. Menurut saya lebih positif dan bagus,” ucap Oded.

Oded membenarkan aksi vandalisme itu melanggar Perda Ketertiban dan Ketentraman Umum Kota Bandung. Meski demikian, ia berharap pelaku vandalisme disanksi berupa edukasi.

“Insyaallah kita evaluasi,” jelasnya.

Oded pun menyampaikan aksi curat coret itu bentuk mencurahkan isi hati melalui gambar dan selama kritik itu membangun serta pakai etika maka diarahkan ketempat yang lebih baik.

“Kan tidak setiap yang baik akan berujung baik. Kalau cara menyampaikannya tidak baik, maka sampaikan dengan baik. Insyaallah baik, niatnya ikhlas, cara baik insyallah, ya pake etika lah,” tandasnya.

Baca Juga: Kejar Target Pembentukan Herd Immunity Hingga Desember 2021, Jabar Perluas Cakupan Vaksinasi Covid-19

Di lain sisi, Pemkot Bandung belum mengeluarkan kebijakan untuk membuka kembali fasilitas publik seperti taman. Padahal fasilitas publik milik Pemprov Jabar yang berada di Kota Bandung sudah dibuka.

“Kita terlebih dahulu menunggu laporan Pak Sekda dan timnya untuk menganalisa terlebih dulu taman di kota Bandung bisa dibuka atau tidak,” kata Oded.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Yudi Cahyadi mengatakan, warga Kota Bandung jangan memaksakan kondisi. Kalaupun sudah ada ruang publik yang dibuka, harus tetap ingat menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga: Perbaiki Data Penerima Bansos Covid-19, Sahrul Gunawan Akan Panggil Dinsos dan Disdukcapil

Yudi menuturkan, Pemkot Bandung tengah membenahi beberapa taman, salah satunya di kawasan Alun-alun Bandung.

“Kita harus siapkan dulu sarana dan prasarana. Seperti misalnya ketersediaan bangku dan tempat cuci tangan,” tuturnya.

Baca Juga: Pemerintah Persiapkan Langkah Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

Harapannya, selagi Pemkot melakukan pembenahan, level kewaspadaan di Kota Bandung menurun. Sehingga kondisi sudah lebih baik. Disinggung mengenai kemungkinan menimbulkan kerumunan di tempat umum, Yudi mengatakan, harus ada yang petugas yang mengawasi.

“Sehingga begitu ada kerumunan, bisa langsung dibubarkan,” tandasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds