Rahmadonal Muhammad Iqhbal, Si Dokter Pedangdut

FOKUS MENYANYI: Untuk setahun ke depan, Iqhbal masih akan menekuni karier sebagai penyanyi. Rencananya, setelah setahun, dia akan mengambil intership kedokteran yang sempat tertunda lantaran berkompetisi di LIDA 2021. (Indosiar for Jawa Pos)

FOKUS MENYANYI: Untuk setahun ke depan, Iqhbal masih akan menekuni karier sebagai penyanyi. Rencananya, setelah setahun, dia akan mengambil intership kedokteran yang sempat tertunda lantaran berkompetisi di LIDA 2021. (Indosiar for Jawa Pos)

LIGA Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 resmi berakhir pekan lalu (22/8). Untuk juara 1, ada dr Rahmadonal Muhammad Iqhbal, duta dari provinsi Sumatera Barat.


Kini, setelah menjadi pemenang, Iqhbal siap meramaikan belantika musik dangdut Indonesia. Latar belakangnya cukup menarik, mahasiswa kedokteran yang menaruh minat terhadap musik.

Setelah diangkat menjadi dokter, Iqhbal juga ikut ajang menyanyi nasional yang mengantarnya menjadi bintang. Yuk, kenal lebih dekat dengan sang dokter dangdut.

Rahmadonal Muhammad Iqhbal, Ya Dokter, ya Penyanyi

KECINTAAN Iqhbal pada musik tumbuh sejak kecil berkat kedua orang tuanya. Sang ibu gemar menyanyi dangdut, sedangkan ayahnya menggemari musik pop.

Merekalah yang menjadi guru menyanyi pertama Iqhbal. Dia mengaku tidak pernah ikut kursus atau les musik. Kemampuan vokal dan musik diasahnya dengan meng-cover lagu di media sosial dan latihan otodidak.

Bagi Iqhbal, menyanyi memberikan kepuasan batin. Di sisi lain, dokter adalah cita-citanya sejak kecil lantaran dia ingin membantu banyak orang.

Banyak yang bertanya kepadanya, mengapa tetap mau menjadi penyanyi meski sudah disumpah sebagai dokter. “Iqhbal ingin tetap jadi keduanya,” tegas Iqhbal kepada Jawa Pos.

Iqhbal ingin agar dirinya bisa menjalani dua pekerjaan impiannya secara beriringan. Kelak, jika sudah mendapat izin praktik mandiri, dia ingin membuka klinik dan berpraktik sebagai dokter sambil tetap berkarier di bidang musik.

“Iqhbal ingin berkarya dan juga memberikan inspirasi untuk banyak orang,” kata pria yang mengidolakan Rhoma Irama dan Mansyur S itu.

Terinspirasi Lesti Kejora

Keinginan Iqhbal untuk ikut kompetisi menyanyi ada sejak 2015, bertepatan dengan akan diadakannya Dangdut Academy (DA) musim kedua.

Saat melihat Lesti Kejora memenangkan Dangdut Academy (DA) musim pertama pada 2014, Iqhbal juga ingin mengikuti jejak idolanya itu.

“Sayang, pas audisi, Iqhbal masih harus kuliah kedokteran di Semarang,” ujarnya.

Saking sibuknya kuliah kedokteran, Iqhbal sampai harus melewatkan berbagai audisi kontes menyanyi tiap tahunnya.

Dia hanya bisa bersabar sampai bisa punya waktu untuk ikut. Hingga akhirnya, setelah disumpah dan mendapat gelar dokter pada 2020, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu baru punya waktu lebih.

Tunda Internship

Saat resmi diterima sebagai salah satu duta LIDA 2021, Iqhbal kembali menghadapi dilema. Saat itu dia tengah berada di masa internship kedokteran guna mendapat izin praktik mandiri.

Masa internship yang harus dilalui selama 9 bulan baru dilalui Iqhbal 7 bulan saat dia harus berkompetisi di LIDA.

“Iqhbal sudah urus perizinan untuk ikut LIDA. Tapi, waktu yang diberi hanya 1 bulan, sedangkan Iqhbal di LIDA 2021 sudah lebih dari sebulan kan,” katanya.

Setelah berpikir masak-masak, Iqhbal membuat keputusan. Dia mengundurkan diri dari program internship demi bisa fokus sebagai duta LIDA 2021.

Internship, kata Iqhbal, akan diambilnya kembali kelak setelah sekitar setahun fokus sebagai penyanyi. “Karier kedokteran tetap prioritas Iqhbal kok,” katanya.

Ingin Coba Genre Lain

Dengan diumumkan sebagai pemenang LIDA 2021, Iqhbal resmi masuk ke belantika musik dangdut Indonesia. Single perdananya adalah lagu kemenangan Lebih dari Hidupku yang rencananya segera dibuat klip videonya.

Selain itu, sejumlah rencana lain dan keinginan sudah disusun Iqhbal untuk kariernya sebagai penyanyi.

Iqhbal juga ingin mengeksplorasi bakatnya. Selain dangdut, dia sering membawakan lagu bergenre pop.

Hal tersebut membuat Iqhbal ingin mencoba genre lain di luar dangdut pada kemudian hari. Juga, belajar memainkan alat musik.

Agar lebih sesuai dengan tren masa kini, Iqhbal juga ingin berkarya di dunia maya. Salah satunya, membuka kanal YouTube. Semuanya akan dijalani Iqhbal sambil melatih diri agar menjadi penyanyi yang lebih baik.

“Yang pasti, Iqhbal mau perbaiki personal branding dulu,” kata pria yang mengaku humoris itu.

KATA IQHBAL…

– Video audisi daringnya direkam di sekolah tempat ibunya mengajar, yakni MTsN 3 Padang Pariaman. “Kalau di rumah, berisik. Soalnya, banyak kendaraan lewat di depan rumah,” katanya.

– Saat mendapat pengumuman kelolosannya ke tahap penjurian artis, Iqhbal tengah kebagian tugas jaga malam di sebuah IGD rumah sakit. “Pas itu harus jaga emosi, nggak boleh bahagia berlebih karena lagi berhadapan sama pasien,” kata Iqhbal.

– Sebelum LIDA 2021, Iqhbal pernah mengikuti beberapa lomba menyanyi. Misalnya, lomba nyanyi pop Bintang Radio RRI Semarang 2016 (juara harapan 2).

– Uang tunai yang didapat dari kemenangannya di LIDA 2021 akan digunakan Iqhbal untuk membiayai orang tua dan pendidikan adik-adiknya. “Sama untuk keperluan performance,” tambahnya. (jpc)

Loading...

loading...

Feeds