Kawasan Alun-alun Bandung Akan Direvitalisasi, Segini Anggarannya

ILUSTRASI: Aktivitas warga di Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Kamis (4/2/2021). (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

ILUSTRASI: Aktivitas warga di Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung, Kamis (4/2/2021). (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan revitalisasi sarana dan prasaran di Kawasan Alun-alun Bandung.


“Yang akan direvitalisasi adalah kawasan Alun-alun Kota Bandung. Bukan taman alun-alunnya, tapi sekitar Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Darmawan kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Dadang mengatakan, kawasan Alun-alun Kota Bandung harus direvitalisasi karena sudah banyak yang rusak. Salah satunya blumbak (pot besar ditengah median jalan, trotoar,red) yang sudah pecah dan harus segera diganti, karena usianya sudah 7 tahun.

“Pengadaan blumbak itu sudah sejak sekitar 2013. Wajar jika sudah pecah,” tambah Dadang.

Kerusakan itu, menurut Dadang karena pohonnya sudah semakin besar, sehingga akarnya merusak pot sampai pecah. Untuk itu, akan ada pemindahan pohon yang besar ke Taman Tegalega. Sementara pohon yang ada sekarang diganti dengan ketapang kencana.

“Pohon-pohon yang sekarang jenisya pohon bintaro. Pohon ini merupakan pindahan dari Taman Alun-alun. Nantinya diganti dengan pohon bintaro,” tegas Dadang.

Untuk itu, lanjut Dadang, pihaknya menyiapkan alokasi dana sekitar Rp200 juta untuk mengganti blumbak dan pohon di Jalan Kepatihan dan Rp200 juta untuk blumbak dan pohon di Kawasan Jalan Dalem Kaum.

Revitalisasi dilakukan di masa pandemi, karena menurut Dadang hal ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Bahkan sudah ada konsultan yang membuat design, sehingga harus segera dislesaikan.

Menurut Dadang, anggaran pengerjaan revitalisasi ini tidak termasuk anggaran yang terkena refocusing, karena sduah mulai dikerjakan. Karena yang terkena refocusing adalah anggaran yang proyeknya belum dimulai.

“Kalau tidak segera diselesaikan, justru malah akan menajdi temuan, karena proyek sudah mulai dikerjakan,” tegas Dadang.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds