Sinergi Menuju Smart Military University

Suasana wisuda Universitas Jenderal A Yani yang dilakukan secara online. (ist)

Suasana wisuda Universitas Jenderal A Yani yang dilakukan secara online. (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Universitas Jenderal A. Yani (Unjani) kembali menyelenggarakan wisuda secara online. Kegiatan wisuda online ini terangkai juga dengan kegiatan Dies Natalis Ke-31 yang pada tahun mengusung semangat untuk membangun sinergi menuju smart military university.


Kegiatan ini menjadi momentum penguatan visi Univ. Jenderal A. Yani untuk mampu bersaing dengan nilai pembedanya, sebagai universitas yang mengedepankan optimalisasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, disertai dengan karakter disiplin yang khas di lingkungan TNI khususnya Angkatan Darat.

Unjani meluluskan 1050 wisudawan yang bergabung dalam kegiatan wisuda ini melalui sambungan aplikasi Zoom dan Youtube. Diantara ribuan wisudawan tersebut dua diantaranya menjadi lulusan terbaik dari masing-masing periode.

Untuk periode April, Dina Larasati meraih predikat sebagau sebagai lulusan terbaik untuk program pendidikan sarjana kelompok ilmu eksakta dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknologi Manufaktur dengan IPK 3,72. Lulusan terbaik program pendidikan sarjana kelompok ilmu sosial pada periode April diraih oleh Novy Fajriati dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,98.

Sedangkan untuk Juli, Putri Nur Budiati meraih predikat sebagai sebagai lulusan terbaik untuk program pendidikan sarjana kelompok ilmu eksakta dari Prodi Teknik Industri Fakultas Teknologi Manufaktur dengan IPK 3,75. Lulusan terbaik program pendidikan sarjana kelompok ilmu sosial pada periode Juli diraih oleh Azhkia Carissa Nabila dari Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,90.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan turut mengundang secara Daring oleh Kepala LL-Dikti Wilayah IV, Sebagian Pejabat di lingkungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Keluarga Jenderal Achmad Yani, Walikota Cimahi, Ketua IKA Univ. Jenderal A. Yani,  serta mengundang Pimpinan instansi mitra Univ. Jenderal A. Yani, Pejabat Militer di Lingkungan TNI-AD, para Guru Besar, Pejabat di lingkungan Univ. Jenderal A. Yani, Pimpinan Ormawa dan tentu yang sedang berbahagia dan berbangga para orang tua wisudawan.

Pada kesempatan ini, Rektor Unjani Hikmahanto Juwana menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan. Hikmahanto juga turut menyampaikan sorotan terbaru terkait dengan perkembangan Univ. Jenderal A. Yani dalam bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bidang kemahasiswaan, bidang Kerjasama serta bidang kelembangaan sampai pada bulan Agustus 2021 ini.

“Univ. Jenderal A. Yani menjadi salah satu perguruan tinggi yang cepat dalam merespon perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan melanjutkan kebijakannya untuk mengeluarkan ijazah digital, yang tentu akan menjaga keamanannya dari tindak pemalsuan. “Dengan adanya ijazah digital ini, maka para alumni tidak perlu lagi datang ke kampus untuk melakukan legalisir ijazah, karena ijazah yang anda dapatkan saat ini sudah memungkinkan untuk di cek, diverifikasi, dan di autentifikasi secara online” imbuhnya.

Yang menonjol dari perkembangan Univ. Jenderal A. Yani saat ini adalah dalam bidang Kerjasama di mana Univ. Jenderal A. Yani sebagai hybrid university, terus berupaya membangun sistem ICT dan suasana akademis yang baik dengan aktif mendatangkan para dosen tamu yang sudah memiliki nama besar di bidangnya masing-masing.

“Saat ini Univ. Jenderal A. Yani tengah giat mengusung konsep military university yang akan senantiasa menambah karakter dan sikap-sikap teladan militer yang ada di universitas ini, yaitu integritas, disipilin dan semangat kuat untuk belajar,” katanya.

Ia  juga sangat berterima kasih atas pembinaan dari LL-Dikti IV dalam hal ini Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd. dan juga Kepada Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa yang sudah sangat concern dan hands-on dalam memberikan pembinaann kepada Univ. Jenderal A. Yani. Tak lupa ia juga mengapresiasi para orang tua wisudawan dengan meminta wisudawan berdiri dan memberikan penghormatan kepada orang tua serta keluarga di rumah masing-masing. Himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan juga disampaikan oleh Rektor dalam rangka menyikapi pandemi global yang masih mengkhawatirkan yaitu Covid-19.

Pada kesempatan ini melalui sambutannya Ketua Pengurus YKEP Letjen TNI (Purn.) Tatang Sulaiman, S.Sos., M.Si. juga memberikan apresiasinya kepada Univ. Jenderal A. Yani. Selain itu, beliau juga menayangkan testimoni dari alumnus-alumnus terbaik Univ. Jenderal A. Yani, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para wisudawan.

Adapun dua alumnus yang ditampilkan testimoninya adalah Letjen TNI Agus Rohman yang menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, serta Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu yang saat ini menjabat sebagai Sekjen Ombudsman RI.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat, protokol kesehatan yang sangat ketat diterapkan sesuai anjuran pemerintah. Selain menggunakan masker, mencuci tangan dan mejaga jarak, seluruh panitia dalam jumlah kecil ini juga telah melaksanakan tes swab PCR dengan hasil negatif.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds